DPRKP Ajak Masyarakat dalam Pelestarian Lingkungan

  • Whatsapp
SEMANGAT: Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kabupaten Sampang terus berupaya meningkatkan peran masyarakat dalam proses pembangunan berkelanjutan.

Kabarmadura.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP), meningkatkan peran serta dalam proses pembangunan di Kota Bahari.

Dalam mewujudkan hal itu, salah satunya dilakukan sosialisasi tentang peningkatan peran serta masyarakat dalam pelestarian lingkungan perumahan.

Kegiatan tersebut diadakan di aula kantor Bapelitbangda Sampang, Kamis (/10). DPRKP Sampang selaku penyelenggaran, melibatkan 75 orang peserta, yang terdiri dari tokoh masyarakat dan developer.

Sementara yang bertindak sebagai pemateri, adalah Sulistyono dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Sampang.

Kepala DPRKP Kabupaten Sampang, Abd Hannan mengatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut, yakni atas dasar Undang-undang Nomor 23 Tahun 1997 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

“Dengan maksud untuk menyamakan persepsi dalam ketertiban lingkungan dan kawasan pemukiman, serta untuk meningkatkan kemampuan dalam upaya pengembangunan kawasan lingkungan yang ramah dan nyaman,” katanya.

Kegiatan tersebut, juga untuk meningkatkan rasa gotong royong dalam pemanfaatan sumber daya dalam negeri dan kearifan lokal yang aman bagi kesehatan warga dan masyarakat dengan menerapkan pola dan struktur pembangunan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Struktur, sarana dan prasarana serta fasilitas umum yang terpadu, dengan penataan lingkungan yang pintar, sehingga diharapkan dapat menciptakan kondisi perumahan dan pemukiman yang layak dan sesuai dengan ketentuan yang ada,” tambahnya.

Pihaknya berharap, kegiatan tersebut menjadi salah satu sarana pengembangan dalam meningkatkan pembangunan di perumahan dan pemukiman warga, terlebih yang mengikuti kegiatan tersebut dari pengembag atau developer langsung.

“Nah ini menjadi stimulan yang bagus untuk mempercepat pembangunan di kawasan perumahan, semoga kegiatan ini berjala lancar dan materi yang diberikan menjadi bermanfaat saat direlisasikan di lapangan,” harapanya.

Di tempat yang sama, Pj Bupati Sampang, Jonathan Judianto mengapresiasi kegiatan tersebut, pasalnya sosialisasi tersebut bertujuan untuk menginformasikan peraturan, sarana berkomunikasi dan koordinasi sebagai upaya percepatan implementasi peraturan terkait penyelenggaraan jasa konstruksi dan pembangunan bangunan kawasan pemukiman rakyat.

“Pemerintah daerah dituntut untuk berperan dalam percepatan peningkatan kapasitas dan kompetensi tenaga dalam pembangunan kawasan lingkungan, sehingga perlu adanya bimbingan dan pengetahuan, kami ingin ini bermanfaat dan dapat mempercepat pembangunan di Kabupaten Sampang,” harapanya. (awe/waw/km)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *