oleh

DPRKP dan Cipta Karya Hadirkan Program Sanitasi untuk Wujudkan Masyarakat Sehat

Kabarmadura.id/Sumenep-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep seriusi pengadaan sanitasi berupa MCK. Terbukti, saat ini sudah mulai terbangun salah satunya di Pondok Pesantren Al-Ihsan Desa Jadung Kecamatan Dungkek Sumenep. Selain itu, pemkab juga menggenjot pengadaan sanitasi pada tahun 2020 yang tersebar di beberapa kecamatan.

Kepala Bidang (Kabid) Perumahan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPRKP dan CK) Sumenep Benny Irawan mengatakan, program sanitasi yang dimaksud adalah pembangunan MCK untuk musala dan masjid dan beberapa madrasah atau pondok pesantren.

Anggaran yang disiapkan untuk program tersebut senilai Rp4 miliar yang tersebar di Kecamatan Guluk-Guluk, Kecamatan Ganding, Kecamatan Saronggi, Kecamatan Rubaru, Kecamatan Pasongsongan, Kecamatan Manding, dan Kecamatan Lenteng.

Menurutnya, untuk tahun ini sudah mulai dipersiapkan dokumennya, untuk selanjutnya akan ditunjuk siapa yang akan melaksanakan proyek tersebut.

“Pada Oktober-November, pengerjaan dipastikan selesai,” ujarnya.

Pembangunan sanitasi memang diagendakan setiap tahunnya. Sebab, hal tersebut mendukung terwujudnya kesehatan masyarakat. Dengan adanya sanitasi yang baik, masyarakat tidak lagi buang kotoran secara sembarangan sehingga lingkungan bisa bersih.

Dia menjelaskan, sanitasi buruk menjadi penyumbang bagi meningkatnya penyakit diare, di mana anak-anak menjadi korban terbanyak. Oleh karenanya, DPRKP dan Cipta Karta hadir di tengah masyarakat agar tidak berdampak buruk pada kesehatan seperti munculnya penyakit diare, tifus, polio, dan penyakit cacingan.

“Untuk mencegah meluasnya dampak tersebut, masyarakat perlu memiliki kesadaran terhadap pentingnya sanitasi,” tukasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Sumenep Ahmad Zainurrahman mendukung upaya Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Sumenep, baik melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), untuk menyediakan fasilitas sanitasi untuk kesehatan warga.

“Dukungan ini bukan tanpa alasan. Tetapi, murni atas kepentingan rakyat Sumenep,” pungkasnya. (imd/pai)

Komentar

News Feed