DPRKPP Sumenep: Program BSPS Tunggu Kepastian Kementerian PUPR

(FOTO: KM/MOH RAZIN) TIDAK PASTI: Program BSPS untuk masyarakat tidak mampu tahun ini masih belum ada kejelasan.

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Realisasi Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2022 belum bisa dipastikan. Program bantuan perbaikan rumah itu sampai saat ini belum ada kejelasan.

Dinas Prasarana Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Perhubungan (DPRKPP) Sumenep tidak bisa berbuat banyak. Sebab, program tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kepala Bidang (Kabid) Penataan Ruang DPRKPP Sumenep Indra Wahyudi menyampaikan, pihaknya sengaja tidak melakukan pengajuan BSPS. Sebab program tersebut berbasis jaringan. Selain itu, bantuan tersebut sepenuhnya kebijakan dari pemerintah pusat.

Bacaan Lainnya

“Program BSPS masih belum. Biasanya kami selalu dapat, tapi tahun ini masih belum ada kabar, itu berbasis koneksi di pusat, ada teman-teman di pusat yang sering mengasih jatah bantuan swadaya itu ke Sumenep,” katanya.

Indra, sapaan akrabnya, memaparkan, pada tahun 2021 Sumenep mempunyai jatah BSPS yang cukup banyak, yaitu sekitar 500 rumah. Maka dari itu, pihaknya optimistis tahun ini jumlahnya akan lebih besar dari tahun sebelumnya.

Dikatakan Indra, program BSPS prosesnya lebih mudah dengan program rumah tidak layak huni (RTLH). Sebab, pihaknya hanya tinggal mengajukan, sesuai jatah yang ada. Selain itu pekerjaannya langsung dipantau dari Kementerian PUPR.

“Kami berharap tetap dapat, selain menambah dari RTLH yang bersumber dari bantuan yang didanai daerah Sumenep sendiri,” imbuhnya.

Dijelaskannya, untuk teknis pengerjaannya BSPS hampir dengan RTLH. Dengan besaran anggaran Rp20.00.000, untuk pengadaan material Rp17 juta, sisanya untuk ongkos tukang.

“Biasanya Rp20 juta tidak langsung cair sekaligus, masih ada target pembangunan yang sudah berjalan. Tapi insya Allah akan tepat waktu,” pungkasnya.

Reporter: Moh Razin

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.