oleh

DPU SDA Sumenep Bantah Bangun Irigasi di Sungai

Kabarmadura.id/Sumenep -Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sumber Daya Air Kabupaten Sumenep menyikapi persoalan proyek yang dikeluhkan masyarakat, yakni soal bentuk dan lokasinya yang kurang tepat secara regulasi, sehingga menolak pembangunan tersebut.

Sebelumnya, pembangunan yang berlokasi di Desa Kapedi, Kecamatan Bluto itu tidak diharapkan oleh masyarakat setempat. Pasalnya, pembangunan irigasi sungai tersebut tidak menjadi solusi bagi masyarakat, karena sungai yang airnya meluap malah pembangunannya dipersempit.

Kepala Bidang (Kabid) Waduk, Sungai, dan Pantai Dinas PU SDA Sumenep Noer Lisal Ambiyah menyebut, untuk pembangunan irigasi, bukan berlokasi di sungai, baik yang aktif maupun tidak.

“Kalau pokmas saya tidak tahu, tetapi kalau itu irigasi, tempatnya di area persawahan, bukan sungai, makanya pastikan dulu itu irigasi atau apa,” katanya, kemarin.

Selain itu, Lisal menuturkan, semestinya pembangunan irigasi itu juga harus mempertimbangkan kapasitas besar air sungai tersebut. Sekalipun ukuran sungai tersebut tidak terlalu sempit, maka tetap harus dilakukan penggalian.

“Ya tidak langsung ditata batunya yang dipinggir sungai tersebut, tetapi harus digali ulang, diperlebar guna sebagai antisipasi agar air tidak tumpah ke tanah masyarakat yang ada di sekitar sungai tersebut,” imbuhnya. (ara/waw)

 

Komentar

News Feed