DPW Sumenep Gencar Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat

  • Whatsapp
(FOTO: KM/Moh Razin) SUKSES DIGELAR: Pelaksanaan sosialisasi PHBS berjalan sesuai protokol kesehatan.

KABARMADURA.ID | SUMENEP Dalam rangka membudayakan kebersihan di berbagai tempat,  Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Sumenep menggelar sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di tempat kerja keluarga. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh istri pegawai negeri sipil (PNS) yang bekerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep, dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Ketua DWP Kabupaten Sumenep Husnul Khotimah mengatakan, sosialisasi ini untuk menggugah istri PNS agar bisa mengingatkan suami dalam pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan kerja. Bahkan untuk menindaklanjuti kegiatan ini, direncanakan diadakan lomba kebersihan. Rencana lomba yang akan hanya fokus untuk kantor organisasi perangkat daerah (OPD) itu  akan terlaksana di awal tahun 2022 mendatang.

“Bukan kami menampik adanya cleaning service, akan tetapi peran DWP harus ada di garda paling depan mengontrol kantor kerja suaminya. Perhatikan puntung-puntung rokok dan kamar mandinya,” kata istri sekretaris daerah (Sekda) Sumenep itu, Kamis (18/11/2021).

Husnul Khotimah menegaskan, menjaga kebersihan tempat kerja suami memang anjuran yang sifatnya wajib. Namun, ia mengingatkan dalam ikut menjaga kebersihan lingkungan kerja suaminya, tidak boleh langsung mengobrak-abriknya.

Selain itu, Dharma Wanita harus selalu tampil dalam menciptakan lingkungan sehat dan menyenangkan, seperti dalam menyediakan sarana tempat cuci tangan, budaya buang sampah pada tempatnya dan olahraga teratur.

“Makanya dalam rangka hari Dharma Wanita ke-22 akan diadakan lomba bersih kantor kerja suami. Tahun ini fokus di OPD dulu nanti ke kecamatan-kecamatan,” imbuhnya.

Penasehat DPW Sumenep Nia Kurnia Fauzi mengungkan, upaya membiasakan hidup bersih memang sudah tabiat dari seorang perempuan. Makanya, dalam setiap ingin bepergian, dandannya pasti lebih lama dari seorang pria.

Para pegawai harus selalu menjaga kebersihan tempat kerja. Lantaran, menurut istri Bupati Sumenep itu, tempat kerja merupakan rumah kedua.

“Sehingga saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah menyelenggarakan acara ini. Tema kebersihan tempat kerja, karena tempat kerja rumah kedua,” paparnya.

Kata Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep itu, kebersihan dan kesehatan tetap butuh kesadaran pribadi. Kegiatan sosialisasi ini hanya sebagai upaya menularkan kebiasaan hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami berharap bisa meningkat kesadaran hidup masyarakat PHBS, salah satunya kesadaran menghindari sampah plastik di setiap saat,” tukasnya.

Reporter: Moh Razin

Redaktur: Sule Sulaiman

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *