DRPD Sumenep Desak Pemkab Cairkan  DBHCHT

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) DIDESAK: Pendistribusian bantuan untuk buruh diharapkan segera disalurkan.

KABARMADURA.ID, SUMENEP – Realisasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2021 dipertanyakan oleh kalangan legislatif. Sebab, dana bagi hasil itu saat ini sangat dibutuhkan, terutama bagi kalangan buruh atau pekerja pabrikan rokok.

Anggota Komisi ll DPRD Sumenep Juhari mengungkapkan, di masa penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, otomatis sedikit banyak ada imbasnya pada perekonomian masyarakat. Sehingga dengan adanya bantuan dari DBHCHT tentunya sangat diharapkan oleh para buruh tembakau.

Bacaan Lainnya

“Sampai saat ini mestinya sudah rampung, masyarakat sangat berharap ada bantuan dari pemerintah, persoalannya kapan akan direalisasikan kalau bukan sekarang,” kata Juhari.

Sesuai porsi pembagian anggaran separuh digunakan untuk para buruh yang bekerja di seputar tembakau. Dengan ada menu bantuan mestinya pemerintah mulai merumuskan, apalagi sudah ada patokan separuh dari DBHCHT memang sudah positif untuk membantu para buruh.

Kasubag SDA Pertanian, Perikanan dan Kelautan Bagian Ekonomi Sumber Daya Alam (ESDA) Sekretariat Daerah (Setda) Sumenep Andi Suprapto menjelaskan, pagu anggaran DBHCHT di tahun ini Rp40,9 miliar. Diakuinya separuh anggaran untuk membantu para petani atau buruh yang bekerja di pabrikan rokok.

“Berarti separuh dari itu akan diberikan untuk para buruh dan petani tembakau,” papar dia.

Ditegaskannya,  50 persen untuk bantuan langsung tunai (BLT). Tetapi untuk besaran bantuan dan data penerima masih belum valid.

Meski pihaknya sudah berkoordinasi dengan aparatur desa, data penerima sampai saat ini masih tidak terakomodir. Selain itu belum ada pembahasan secara khusus soal waktu realiasi DBHCHT itu.

“Survei permintaan data ke desa-desa sudah kita laksanakan. Tinggal menunggu desa kirim data ke kita. Saat ini ada yang sudah kirim ada juga yang belum. Kita masih koordinasikan terus,” papar dia. (ara/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *