Dua Daerah di Bangkalan Berpotensi untuk Pengembangan Mangrove

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) MULAI DILIRIK: Investor dari luar daerah Bangkalan mulai melirik dua lokasi untuk pengembangan mangrove dan udang vaname.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN-SEPULUH-Tidak semua daerah pesisir di Bangkalan memenuhi syarat untuk dijadikan lokasi investasi mangrove. Kondisi itu, jika mengacu pada persyaratan kesesuaian pengembangan berbasis ekologi. Sehingga peluang keberhasilan investasi mangrove sangat terbatas.

Sebab hanya ada dua lokasi yang disarankan Dinas Perikanan (Diskan) Bangkalan untuk dilakukan survey atau peninjauan.  Masing-masing, Desa Labuhan dan Tengket Kecamatan Sepulu. Hal ini diungkapkan Investor Yayasan Hutan Biru Makassar Mario Ahmad, Selasa (23/11/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, kedatangannya ke daerah dengan slogan Kota Salak hanya untuk mempelajari peluang investasi lahan mangrove. Sehingga jika sesuai kriteria, investasi bisa dilanjutkan. “Kami hanya memperoleh dua opsi tempat itu, jadi jika keduanya gagal, maka tidak akan dilanjut ke tahap selanjutnya,” ujarnya.

Namun, jika sesuai dengan kriteria investasi akan dilanjutkan dengan perjanjian kontrak dengan dinas maupun kelompok nelayan setempat. Baik dengan pengembangan mangrove, budidaya udang tambak alami maupun buatan. “Kami nanti juga akan melihat potensi nelayan, agar peluang ini bisa dihitung. Karena kami membawa konsep baru, jadi perlu diarahkan sesuai dengan rencana yang akan kami sampaikan ke dinas,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Diskan Bangkalan Mohammad Zaini membenarkan kedatangan beberapa perusahaan besar tersebut. Para investor akan mengembangkan mangrove dengan tambak udang vaname. Sehingga nanti, ada dua jenis tambak. Yakni, tambak mangrove dan  tambak tanpa mangrove.

“Sementara mereka hanya minta izin untuk rekomendasi dan pendampingan menuju ke lokasi. Kami berharap ini bisa berhasil, meskipun memang sesuai dengan binaan kami, memang hanya ada dua tempat yang berpotensi,” responnya.

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *