Dua Desa di Kepulauan Belum Penuhi Kuota PPS

  • Whatsapp
(KM/IMAM MAHDI) MELAYANI: KPU Sumenep sedang sibuk mengurus Tahapan pilkada selanjutnya

Kabarmadura.id/Sumenep-Hingga selesainya tes wawancara perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS), masih ada dua desa yang belum memenuhi kuota dan belum mendapatkan rekomendasi, yakni Desa Karamaian Kecamatan Masalembu dan Desa Gua-Gua Kecamatan Ra’as.

Komisioner Komisi Pemihan Umum (KPU) Sumenep Rofiki Tanzil mengutarakan, terhambatnya rekomendasi disebabkan karena paling jauh di daerah kepulauan. Saat ini akan berusaha memberikan rekomendasi lagi sebelum pengumumuman 3 besar, yakni sebelum tanggal 20/03/2020.

“Di Desa Karamian dan Desa Gua-Gua sama-sama kurang 1 orang untuk sampai 3 orang nantinya,” katanya, Senin (16/03/2020).

Dijelaskan, total pendaftar dari awal pendaftaran hingga perpanjangan waktu mencapai 2.779 orang dan yang lulus administrasi sebayak 2.517orang dan lulus tes tertulis sebanyak 1.785 orang. Sedangngkan yang lulus tes wawancara sebanyak 1.765 orang dengan rincian laki-laki sebanyak 1.500 orang, dan perempuan sebayak 265 orang.

“Bagi yang telah memenuhi kuota, saat ini masih perangkingan nilai. Sehingga nantinya sampai 3 besar,” ujarnya.

Dijelaskan, target masing-masing desa ditargetkan 6 orang pendaftar. Jika kuota tidak memenuhi, dapat diberikan rekomendasi khusus. Kekurangan dari 2 desa di 2 kecamatan nantinya akan dikerjasamakan untuk langsung dimasukkan pada anggota PPS yang akan dikerjasamakan dengan perguruan tinggi, lembaga penddikan, dan lembaga profesi. Langkah KPU tersebut bukan tanpa dasar, namun berdasarkan Surat Dinas Nomor 129/PP. 04.2-SD/3529/KPU-Kab/III/2020 mengenai Pedoman Teknis Pemilihan tenaga Ad Hoc.

Selanjutnya, pengumuman 3 besar akan dihelat pada Jumat (20/03/2020) dan pelantikannya akan dihelat pada (22/03/2020) mendatang. Kami berharap perekrutan PPS tidak ada kemadala apapun,” pungkasnya. (imd/pai)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *