Dua Desa Tak Kunjung Cairkan DD

  • Whatsapp
TERANCAM MOLOR: DPMD Sampang menyebut hingga saat ini, masih ada dua desa belum mengajukan pencairan DD tahap II tahun ini, sehingga tahap III terancam molor.

Kabarmadura.id/Sampang-Pencairan Dana Desa (DD) tahap III di wilayah tersebut terancam molor. Hal itu disebabkan, lantaran hingga memasuki bulan September, masih ada dua desa di Kabupaten Sampang yang belum mengajukan pencairan DD tahap II tahun 2019.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Pemerintahan Desa melalui Kasi Perencanaan Pembangunan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang Moh. Ali Yasak mengatakan, pencairan DD dalam satu tahun anggaran berjalan dilakukan sebanyak tiga kali, yakni empat bulan sekali.

Menurut Yazak (sapaan akrabnya), untuk pencairan DD tahap I di semua desa sudah tuntas. Namun, pada pencairan tahap II masih ada sebagian desa yang hingga kini belum mengajukan pencairan, pasalnya Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) realisasi tahap sebelumnya belum selesai, sehingga belum bisa mengajukan untuk tahap berikutnya.

“Untuk pencairan DD tahap II kali ini, masih ada dua desa belum mengajukan pencairan, yakni Desa Baruh dan Tanggumong, Kecamatan Sampang, sehingga belum bisa melanjutkan pencairan tahap selanjut,” katanya, Kemarin (9/9).

Dirinya menjelaskan, semestinya memasuki bulan September, seharusnya sudah memasuki pengajuan pencairan tahap III, tetapi harus dipastikan semua desa sudah menyelesaikan pengerjaan fisik dan SPJ tahap sebelumnya diserahkan.

Untuk itu, maka pengajuan pencairan melihat progres di lapangan, manakala tahap II sudah terealisasi semua, maka segera membuat pengajuan untuk tahap III.

Lanjut Yazak, salah satu persyaratan pengajuan pencairan DD tahap III itu, yakni serapan dan realisasi pengerjaan minimal sudah mencapai 75 persen dari total pagu DD di masing-masing desa penerima DD di Sampang.

“Rata-rata progres pengerjaan pencairan tahap II ini sudah selesai semua, hanya tinggal SPJ, sedangkan yang dua desa belum mengajukan pencairan ini, harus segera tidak menghambat realisasi DD tahap berikut,” terangnya.

Sambung dia, kendala dua desa yang belum mengajukan pencairan DD tahap II tersebut, kemungkinan masih menyusun SPJ atas realisasi DD tahap sebelumnya, maka secara otomatis belum bisa mengajukan pencairan untuk tahap selanjutnya.

“Ini sudah ketentuannya, kami minta segera menyelesaikan dan mengajukan,” tukas Yazak.

Sementara itu, Kepala Desa Baruh, Kecamatan Sampang Ahmad Amin belum bisa dimintai keterangan ihwal kendala belum mengajukan pencairan DD tahap II tahun ini. Saat dihubungi melalui telepon pribadinya, yang bersangkutan tidak merespon. (sub/pin).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *