oleh

Dua Kali Gagal Lelang, Bantuan Seragam Gratis Dipastikan Gagal

Kabarmadura.id/Sumenep-Rencana Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) untuk memberikan seragam gratis untuk siswa baru SMA/SMK se-Jawa Timur dipastikan gagal terealiasasi.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi JawaTimur Wilayah Sumenep Sugiono Eksantoso. Menurutnya, Bantuan seragam gratis saat ini dipastikan gagal dan tidak akan terealiasasi pada tahun 2019 karena gagal lelang.

“Lelang pertama gagal, lelang kedua juga gagal maka jangan diharap lagi bantuan seragam gratis dapat terealisasi,” katanya, Selasa (22/10).

Dikelaskan, anggaran yang disiapkan senilai Rp56 Miliar se-Jawa Timur dan khusus di Sumenep kurang lebih senilai Rp3 miliar. Bantuan tersebut khusus siswa dan siswi baru agar mendapatkan pakaian yang layak.

“Saya tidak menjamin pada tahun berikutnya bakal dilelang lagi ,” tuturnya.

Dia menjelaskan, nantinya anggaran untuk seragam dimungkinkan bakal diberikan berupa uang, yang nantinya akan dipasrahkan kepada sekolah masing-masing. Sementara dari sekolah bakal dibelikan seragam yang dimaksud.

“Mungkin hal tersebut merupakan solusi terbaik bagi pemerintah,” tuturnya.

Dijelaskan, proses pengadaan yang belum tuntas itu dirinya mengaku masih nunggu info dari Pemprov Jatim. Jika tetap gagal, maka bisa mengandalkan dana BOS.

“Bagi siswa yang tidak mampu, sekolah bisa belikan lewat dana bos,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumenep Abdul Hamid Ali Munir mengutarakan, program bantuan seragam gratis diharapakan terealisasi. Dengan demikian, kebutuhan para siswa baru bakal terwujud dan tidak kesulitan.

Pemerintah harus berusaha memberikan pelayanan prima atau yang terbaik bagi para siswa agar keberlangsungan siswa dalam proses belajar mengajar bisa maksimal.

“Pemerintah harus serius dalam menghadapi tantangan yang ada. Agar semua bantuan dapat terealisasi,” pungkasnya. (imd/pai)

Komentar

News Feed