oleh

Dua Mahasiswa UNIBA Madura Matangkan Persiapan ke Inggris

Matangkan Persiapan ke University of Nottingham

Kabarmadura.id/Sumenep -Dua mahasiswa Universitas Bahaudin Mudhary Madura (UNIBA Madura) yang akan berangkat ke University of Nottingham, Inggris pada Rabu, (6/11/2019), mulai mematangkan persiapannya.

Hal itu dilakukan, demi maksimalnya pemaparan hasil penelitian dua mahasiswa tersebut di tingkat internasional.

Pada 8 November nanti, Adji Nur Wahyudin dan Shantyumi Sasmita diagendakan mempresentasikan riset tingkat dunia di hadapan Asian Leadership Forum yang terhormat di University of Nottingham, Inggris.

Bagi Shantyumi Sasmita, pengalaman mempresentasikan hasil penelitiannya di tingkat internasional merupakan sesuatu yang luar biasa. Apalagi dirinya masih duduk di semester tiga.

“Saya tidak pernah berpikir akan secepat ini mempunyai pengalaman presentasibdi forum internasional. Ini tentunya tantangan tersendiri bagi saya, sehingga segala sesuatunya dipersiapkan supaya nantinya berjalan dengan maksimal,” jelasnya, Senin (4/11).

Penelitian yang diambil adalah Student Entrepreneur: a 41-year publication mapping of bibliometric.

Alasan dirinya mengambil penelitian yang kemudian mengantarkannya ke Inggris bersama rekannya itu, secara sederhana ia memaparkan, bahwa ke depan kewirausahaan akan menjadi pilihan dari sekian banyak pekerjaan yang ada bagi kalangan muda.

“Ketika lebih mendalami lagi, kewirausahaan memberikan sesuatu kepada mahasiswa yang lebih kuat menunjang karirnya. Hasilnya dari riaet, banyak peneliti yang mengkaji meningkat setiap tahunnya,” ujarnya.

Sementara penelitian oleh Adji Nur Wahyudin berkenaan dengan organizational culture research positioning: a scientometric overview. Mengenai penelitian itu, Adji secara singkat menjelaskan, bahwa dirinya menggunakan 3,394 dokumen data penelitian dari tahun 1969 hingga Oktober 2019 seluruh dunia.

Kemudian mengenai persiapan untuk presentasi University of Nottingham, Adji mengaku siap, karena sejak lama dirinya mempersiapkan segala sesuatu instrumen yang dibutuhkan untuk presentasi di tingkat internasional tersebut.

“Dari sisi persiapan, bagaimanapun juga harus siap. Termasuk mempersiapkan materi yang akan disampaikan di forum itu nantinya,” tuturnya.

Terhadap pengalamannya di tingkat internasional, Adji mengaku bangga dan bersyukur diberi kesempatan oleh pihak kampus dan yayasan. Oleh karenanya, hal itu tidak akan disia-siakan dan akan dilakukan dengan maksimal.

Sebagaimana disampaikan Direktur Akademik dan Kemahasiswaan UNIBA Madura Agung Purnomo, penelitian Shantyumi dan Adji dengan melakukan data mining dari database Scopus.

Adji menggunakan 3,394 dokumen data penelitian dari tahun 1969-oktober 2019 seluruh dunia. Sementara Shantyumi memakai 132 dokumen data publikasi dari tahun 1978-oktober 2019 semua bangsa.

Kemudian, menganalisis peneliti terbanyak, afiliasi lembaga akademik terproduktif, negara terbanyak, sumber, subject area, format publikasi, hubungan antar peneliti dan grup keyword.

Riset Adji dan shantyumi dibimbing oleh dosen UNIBA Madura yakni Agung Purnomo, MBA; Alvin Arifin, MM; dan Ach. Zuhri, ME.

Pasalnya, keberangkatan Adji dan Syantyumi adalah implementasi dari komitmen Dr Achsanul Qosasi, tokoh nasional dari Madura sekaligus ketua Yayasan Kudsiyah Bahaudin Mudhary Sumenep Madura yang menaungi UNIBA Madura untuk memajukan lewat jalur pendidikan.

Selain mempresentasi hasil penelitian, Adji dan Shantyumi akan melakukan kunjungan akademik dan persahabatan ke beberapa perguruan tinggi & pusat budaya didampingi oleh Persatuan Pelajar Indonesia UK (PPI UK) pada 9-11 November 2019. Ini dilakukan untuk memperluas jaringan akademik UNIBA Madura dengan perguruan tinggi di UK. Juga menggali Iptek, alam dan budaya di Inggris.

Untuk diketahui, The University of Nottingham adalah universitas swasta berbasis riset di East Midlands in England, UK, berdiri pada tahun 1881.

University of Nottingham merupakan perguruan tinggi peringkat ke-96 dunia versi QS World University Rankings 2020. Pendanaan keberangkatan Adji dan Shantyumi dari Sumenep ke UK mendapatkan scholarship dari University of Nottingham.

Selama di UK, Adji dan Shantyumi akan didampingi oleh Bapak Agung Purnomo, MBA selaku wakil rektor I Akademik UNIBA Madura. (imd/waw)

Komentar

News Feed