Dua Nama Calon Wakil Bupati Pamekasan Sudah Dikunci

  • Whatsapp
(FOTO: Fattah Jasin: Mantan Pj. Bupati Pamekasan Heru Budi Prayitno: Mantan Ketua DPD PAN Pamekasan)

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Sudah 8 bulan Pamekasan tidak memiliki wakil bupati (wabup). Sejak ditinggal mendiang Raja’e pada 31 Desember 2020 lalu, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam memimpin Pamekasan seorang diri. Kendati begitu, agenda pemilihan wabup sedang diproses.

Koalisi partai pendukung pemerintah yang tergabung dalam koalisi Berbaur sudah mengantongi dua nama calon wakil bupati (cawabup). Dua nama itu akan diajukan kepada Bupati Pamekasan Baddrut Tamam untuk kemudian diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan. Kemudian dipilih dan ditetapkan sebagai wabup.

Namun, sampai saat ini, partai koalisi Berbaur (pengusung pasangan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Wabup Pamekasan Raja’e ) belum berani buka-bukaan kepada publik terkait identitas dua figur cawabup tersebut. Masyarakat Pamekasan dibuat penasaran mengenai sosok calon orang nomor dua di kabupaten berjuluk Gerbang Salam itu. Bahkan, tak jarang sejumlah melemparkan beberapa asumsi dan perkiraan cawabup nanti.

Namun demikian, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Pamekasan Abdul Haq menjawab rasa penasaran itu. PAN merupakan bagian dari partai koalisi Berbaur. Pria yang akrab dengan panggilan Dulhaq itu menyebut, koalisi Berbaur sudah mantap dengan dua nama yang disepakati.

Dua nama itu ialah Raden Bagus (RB) Fattah Jasin dan Heru Budi Prayitno. RB Fattah Jasin merupakan seorang birokrat. Pria yang akrab dipanggil Gus Acing itu nerupakan mantan kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur.

Pria berusia 58 tahun itu juga merupakan mantan pejabat (Pj) bupati Pamekasan. Namanya familiar sejak dia mencalonkan diri sebagai bupati Sumenep tahun lalu.

Satu nama lainnya yang diungkapkan Abdul Haq yaitu mantan Ketua DPD PAN Pamekasan, Heru Budi Prayitno. Menurutnya, Heru merupakan salah satu dua nama yang telah disepakati koalisi Berbaur untuk maju sebagai cawabup. Bahkan disebutkannya, hingga detik ini Berbaur belum merevisi dua nama itu.

“Dua nama itu sudah disepakati di internal partai koalisi,” ucap Dulhaq.

Sebagai sesama kader PAN, Dulhaq mendukung penuh Heru. Menurutnya, Heru merupakan politisi ulung yang sudah lama merasakan asinnya perpolitikan Pamekasan. Kendati begitu, Dulhaq tidak menganggap remeh Gus Acing. Dia sendiri mengakui, bahwa Gus Acing merupakan seorang birokrat yang berpengalaman.

“Keduanya sama-sama berpotensi. Memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi ya kami dorong kader sendiri, tegasnya.

Di lain pihak, Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pembahasan Tata Tertib (Tatib) DPRD Pamekasan Maskur Rasid menuturkan, tatib DPRD sudah dalam tahap menunggu jadwal dari Bamus DPRD untuk evaluasi di Biro Otoda Provinsi Jatim dan terkait pelaksanaan paripurna. Pihaknya menarget, tatib DPRD akan rampung pada akhir Oktober mendatang.

“Masih tahap evaluasi ke Biro Otoda Jatim. Kendalanya dari kemarin karena situasi pandemic,” ucap politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Wawan A. Husna

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *