Durasi BLT DD Ditambah Jadi 6 Bulan, Nominal Rp300 Ribu pada 3 Bulan Selanjutnya

  • Bagikan
(FOTO: KM/Razin) MUSYAWARAH: Salah satu desa melakukan musyawarah untuk BLT.

Kabarmadura.id/Sumenep-Bakal diperpanjangnya Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) menjadi 6 bulan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep berencana mempermudah proses pencairannya.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Desa (Pemdes) DPMD Sumenep Supardi menjelaskan, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI No 50/PMK.70/2020, durasi BLT DD yang awalnya hanya 3 bulan menjadi 6 bulan. Hanya saja, jika pada 3 bulan pertama nominalnya Rp600 ribu/bulan, pada 3 bulan selanjutnya nilainya berkurang menjadi Rp300 ribu/bulan.

Selain untuk BLT, DD juga dibelanjakan untuk kepentingan desa. Namun tetap ada yang berkaitan dengan protokol kesehatan Covid-19, salah satunya adalah belanja alat pelindung diri (APD), alat cuci tangan dan lainnya. Terdapat 57 desa yang tercatat sudah mempersiapkan itu.

“Itu desa-desa yang tidak menyalurkan BLT di tahap pertama, tapi untuk selanjutnya tetap akan diarahkan ke BLT. Sebagian desa tersebut ada yang juga menyalurkan tapi sedikit sekali hanya tiga desa kalau tidak salah,” ujarnya, Rabu (27/5/2020).

Untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan, pihaknya meminta desa memantau secara ketat proses distribusinya.(ara/pai)

Fakta Pencairan BLT DD di Sumenep

Jumlah Desa:  334

Distribusikan BLT DD: 168 Desa

Belum Distribusi (Setor Data KPM): 64 Desa

Belum Setor Data KPM: 102 Desa

Baca juga  Kesadaran Rendah, Pengunjung Pasar Abaikan Protokol Kesehatan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan