Efek Corona, Pelayanan Dispendukcapil Pamekasan Resmi Dialihkan

  • Whatsapp
(KM/ALI WAFA) DAMPAK CORONA: Pelayanan Dispendukcapil akan ditutup mulai 31 Maret hingga waktu yang tidak ditentukan.

Kabarmadura.id/Pamekasan-Demi meningkatkan kewaspadaan terhadap resiko penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pamekasan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pamekasan mengambil langkah untuk menutup sementara pelayanan secara langsung. Itu terhitung sejak Selasa (31/3/2020) hari ini hingga waktu yang tidak ditentukan.

Kepala Dispendukcapil Pamekasan Faisol, melalui sekretarisnya Endy Sutrisno mengatakan, kebijakan tersebut diterapkan atas instruksi Bupati Pamekasan H Baddrut Tamam, yaitu melalui surat edaran (SE) yang diterbitkan dan ditujukan kepada dispendukcapil, belum lama ini.

Endy menyebutkan, untuk melayani kebutuhan kependudukan masyarakat, pihaknya akan mengalihkan pelayanan ke kecamatan dan kelurahan masing-masing, sehingga masyarakat bisa mengurus keperluan kependudukan ke perangkat desa dan kelurahan atau dengan langsung ke kecamatan. Sebab, pihaknya tidak akan menerima pelayanan langsung dari masyarakat dan hanya akan menerima pelayanan yang datangnya dari kecamatan.

“Pelayanan sementara ditutup mulai tanggal 31 Maret hingga waktu yang belum ditentukan. Jadi, masyarakat bisa mengurus segala keperluan kependudukan melalui perangkat desa atau langsung ke kecamatan. Kami hanya menerima yang dari kecamatan,” ucapnya.

Kendati begitu, Endy mengatakan, sebagaimana dijelaskan dalam SE, pihaknya bisa menerima layanan kependudukan jika keperluan tersebut sifatnya urgen dan mendesak, seperti keperluan data guna kepentingan yang berhubungan dengan kesehatan, seperti BPJS atau keperluan administrasi bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri sebagai anggota polisi atau TNI. Selain itu, keperluan mendesak lainnya yang sekiranya itu tidak bisa ditunda.

“Tapi kami masih diberikan wewenang untuk melayani masyarakat yang keperluannya urgen dan mendesak, seperti kebutuhan data untuk BPJS, atau untuk masyarakat yang hendak mendaftar Polisi atau TNI, atau keperluan lain yang itu tidak bisa ditunda; yang kalau tidak dilayani hari itu juga bisa beresiko besar,” pungkasnya. (km53/nam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *