Efikasi Tinggi, Vaksinasi Moderna pada Nakes di Bangkalan Harus Diatur Khusus

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) BARU: Lantaran memiliki efikasi tinggi, vaksinasi Moderna pada nakes harus dijadwalkan khusus.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN-Empat jenis vaksinasi yang diberikan untuk warga  Bangkalan memiliki efek yang berbeda-beda. Salah satunya dialami Nikmatus, warga asal Bangkalan ini mengaku merasakan demam tinggi dari 39 hingga 43 derajat setelah divaksin.

Sebelumnya dia divaksin moderna. Meski hanya warga biasa, Nikmatus juga menerima vaksin untuk tenaga kesehatan (nakes) itu. Maklum, di Bangkalan kehabisan stok vaksin jenis lainnya, sehingga warga umum juga disuntik Moderna.

Bacaan Lainnya

“Saya demam tinggi usai vaksin moderna, sebelum vaksin saya sehat,” ungkapnya.

Selain Moderna, selama ini Bangkalan mendapat distribusi vaksin Sinovac, Astrazeneca, Sinofarm.

Usai efek demam tersebut, Nimatus langsung konsultasi dan menurut nakes, hal tersebut merupakan hal biasa. Tetapi karena tetap khawatir, perempuan berusia 26 itu memilih untuk mengkonsumsi obat penurun demam.

Lantaran efeknya yang cukup tinggi, nakes yang disuntik Moderna tidak langsung bersamaan, diberikan secara bergantian per kelompok.

“Memang vaksin ini (Moderna, red) memiliki efikasi tinggi,” aku Kepala Bidang Surveilans dan Farmakmin, Nunik.

Efikasi yang dimaksud nantinya juga diindikasi sesuai dengan KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi) pada warga yang divaksin. Sehingga jika ada indikasi demam atau pusing dan semacamnya, maka peluang keberhasilan efikasi lebih besar.

“Kalau KIPI-nya besar, efikasinya juga lebih besar, artinya vaksinasi bisa dikatakan berhasil,” imbuh Nunik.

Soal pemberian vaksin Moderna harus bergantian pada nakes, agar  tetap ada nakes yang bekerja. Nunik Juga mengimbau agar masyarakat tidak takut dan tidak berlebihan menanggapi efikasi tersebut. Jika terjadi demam atau pusing, cukup istirahat cukup dan perbanyak konsumsi air mineral dan buah.

“Biasanya selama tiga sampai lima hari usai divaksin,” ungkap Nunik. (hel/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *