Empat Bulan Rastra Tidak Disalurkan

  • Whatsapp

KOTA-Sejak bulan Mei 2019, bantuan beras sejahtera (Rastra) tidak disalurkan ke Kecamatan Raas. Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Sumenep Ach Zaini mengungkapkan, hal itu terjadi karena terkendala transportasi laut.

Lebih lanjut, Zaini mengungkapkan, semua administrasi terkait rastra tersebut sudah diselesaikan, sedangkan pendistribusiannya sampai menuju ke pulau Raas merupakan kewajiban pihak Bulog. Namun pihak Bulog biasanya memihakketigakan distribusi menggunakan perahu.

“Masalah administrasi sudah selesai semua, sekarang tinggal bulog menyelesaikan,” tambah Zaini saat ditemui di ruangannya, Selasa (6/8).

Zaini mengakui pihaknya menargetkan rastra tersebut akan terealisasi seratus persen pada bulan Agustus, tepatnya di pertengahan bulan. Raas akan diprioritaskan distribusinya karena sudah lama mereka tidak menerima program rastra ini.

Apabila sampai pertengahan Agustus rastra belum juga disalurkan, Zaini mengkhawatirkan akan ada ombak di jalur laut menuju Raas, lalu dijadikan alasan untuk tidak menyalurkan rastra.

Sebelumnya, Zaini mengaku, pihak Bulog hanya mendistribusikan bantuan rastra tersebut sampai ke pelabuhan kalianget. Namun, berkat lobinya dengan pihak bulog, mereka kemudian bersedia menyalurkan hingga kepulauan.

Akan tetapi, hanya di Kecamatan Raas yang rastranya tidak tersalurkan, sedangkan di kepulaan lain seperti Arjasa dan Masalembu sudah tersalurkan meskipun sama-sama masuk wilayah kepulauan di Kabupaten Sumenep. (mad/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *