Empat Desa Belum Bisa Cairkan DD

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/Pamekasan-Sedikitnya ada empat desa di Pamekasan sampai saat ini masih belum bisa mencairkan Dana Desa (DD), hal itu disebabkan, keempat desa itu belum menyetorkan berkas administrasi yang dibutuhkan sebagai syarat pencairan DD tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan Ach. Faisol menyampaikan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi yang cukup intens berkaitan dengan pencairan DD tersebut.

Hanya saja, hingga tahap kedua pencairan DD tahun anggaran 2019 ini, masih ada empat dari 178 desa yang ada, belum bisa mencairkan DD lantaran belum menyetor berkas administrasi syarat pencairan.

Diungkapkannya, keempat desa itu, masing-masing Desa Pademawu Barat, Desa  Sopa’ah, Desa Klompang Timur dan Desa Bicorong. Padahal dikatakan Faisol, pihaknya sudah mengirim surat secara resmi pada desa-desa tersebut, agar segera melengkapi persyaratan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK), Peraturan Menteri dalam Negeri (Permendagri), peraturan daerah maupun peraturan bupati.

“Kami sudah dua kali berkirim surat, tapi sampai hari ini persyaratan administrasi yang diminta belum masuk pada kami,” ungkapnya, Rabu (10/7).

Lebih lanjut Faisol menjelaskan, semisal nantinya keempat desa tersebut tak kunjung melengkapi syarat administrasi pencairan DD hingga bulan Desember mendatang, maka pihaknya dana tersebut akan  hangus dan dikembalikan kepada kas negara.

“Selama ada di tahun anggaran yang sama, pencairannya masih bisa diproses. Tapi jika sudah melewati tahun anggaran, maka dananya DDnya akan dikembalikan ke kas negara,” tegasnya.

Faisol mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan tahapan pencairan DD sesuai dengan aturan yang berlaku. Dirinya memastikan, tidak penyelewenangan dalam tahapan pencairan DD di Pamekasan.

Dilanjutkan Faisol, pihaknya akan terus mendorong semua desa agar bisa merealisasikan DD sebagaimana mestinya. Terlebih, pihaknya sudah melakukan sosialisasi tentang realisasi DD ke sejumlah desa, selanjutnya, pemerintah di tingkat desa yang mempunyai peran penting untuk merealisasikan dana tersebut agar tepat sasaran.

“Tapi yang jelas kami menyalurkan sesuai dengan regulasi yang ada,” pungkasnya. (rul/pin)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *