Empat Pengerjaan Proyek Normalisasi Sungai di PU SDA Sumenep Pakai Sistem PL

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) DIPERCEPAT: Normalisasi sungai tahun 2021 sangat minim anggaran. Sehingga dikerjakan seadanya.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Proyek normalisasi sungai tahun 2021 di Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (SDA) Sumenep, anggarannya dinilai sangat minim. Tercatat dari 4 paket proyek normalisasi sungai masing-masing anggarannya di bawah Rp200 juta.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum SDA Sumenep Chainur Rasyid melalui Kepala Bidang (Kabid) Waduk Sungai Pantai, Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPU SDA) Sumenep, Noer Lisal Ambiyah mengatakan, proyek normalisasi sungai sangat minim. Berbeda pada tahun sebelumnya, yang menelan dana hingga Rp3,5 miliar lebih.

Bacaan Lainnya

”Tahun sebelumnya semua paket proyek rata-rata miliaran. Kalau tahun ini hanya di bawah Rp200 juta dengan sistem penunjukan langsung (PL),” katanya, Minggu, (6/6/2021).

Empat paket proyek pengerjaan sungai di antaranya, normalisasi sungai Kalianjuk, Sungai Sarokah, Sungai Patrean dan normalisasi Sungai Sokrah. Masing-masing lebar 5-6 meter dan panjang 850 meter. Sungai Kalianjuk yakni, di Kebunagung, Babbalan Nambekor, Sungai Sarokah di Desa Saronggi, Patrean di Kota Sumenep dan Gapura, dan Sokrah di Kecamatan Lenteng di daerah hulu.

Menurutnya, salah satu penyebab minimnya anggaran dikarenakan sebagian besar diprioritaskan pada proyek infrastruktur. Sedangkan, normalisasi sungai hanya sebagian saja.

“Saat ini masih belum dikerjakan lantaran masih proses pemberkasan,” tandasnya.

Sementara itu, anggota Komisi III DPRD Sumenep Akhmad Zainur Rakhman mengatakan, kegiatan normalisasi sungai sangat penting dianggarkan. Hal itu dilakukan dalam rangka untuk mengantisipasi terjadinya banjir secara berkepanjangan.

”Masyarakat tidak selalu resah ketika hujan atau terjadi banjir. Tahun depan harus banyak lagi anggaran khusus normalisasi sungai,” singkatnya.(imd/mam)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *