Fachrudin: Tugas Kapten Harus Totalitas dan Tanggung Jawab

  • Whatsapp
(FOTO: KM/SYAHID MUJTAHIDY) TEGAS: Kapten Fachrudin dikenal tegas tegas dan berwibawa

KABARMADURA.ID – Menyandang ban kapten dalam sebuah tim sepakbola merupakan peran penting. Tidak jarang ban kapten berpindah dari lengan pemain yang satu ke pemain lain, tergantung bagaimana seorang pelatih melihat karakter dan jiwa kepemimpinan pemain yang dimilikinya, begitu pun dengan Klub Madura United.

Seperti musim ini, klub kebanggaan masyarakat Madura Itu di bawah arahan Manajer Rahmad Darmawan memilih Fachrudin W Aryanto sebagai kapten tim Laskar Sape Kerrab.

Pria asal Klaten Yogyakarta itu mengatakan, cukup terhormat karena dipercaya menyandang ban kapten untuk memimpin rekan-rekannya saat bertanding.

“Ini suatu kehormatan bagi saya. Dan saya tidak ingin mengecewakan semua orang yang ada disini,” terang Fachrudin W Aryanto, Kamis (8/7/2021).

Fahrudin mengaku bukan hal yang mudah mendapatkan kepercayaan sebagai kapten tim. Bahkan pemain berusia 32 tahun itu mengaku peran kapten tim merupakan tanggung jawab yang berat, baik ketika di dalam maupun di luar lapangan.

Apalagi, tambah Fahrudin, di dalam skuad Madura United banyak pemain hebat yang layak menyandang ban kapten tersebut. Diantaranya, Slamet Nurcahyo, Jaimerson Xavier, Asep Berlian.

“Tapi saya ambil pelajaran ketika ditugasi sebagai kapten untuk menjaga tim tetap kondusif. Saya harus total, bagaimanapun tim ini harus saya jaga,” ujar Fachrudin.

Ia menambahkan tugas sebagai kapten tim tidak hanya berat di dalam lapangan saja, tapi juga ketika berada di luar lapangan, di mana begitu banyak hal yang harus dijaga.

Karena menurutnya siapa pun yang menjadi kapten tidak masalah, selama pemain tersebut total untuk Madura United dan juga tim.

“Menjadi kapten tim itu harus bisa menjaga emosi saat berada di tengah lapangan,” sambungannya.

Pria yang juga pernah menjabat kapten Timnas Indonesia dalam pagelaran piala AFF 2018 itu menjelaskan, menjadi seorang kapten tidak hanya dibutuhkan badan kekar dan tinggi.

Namun, yang terpenting seorang kapten memiliki peran sebagai pemimpin di lapangan yang juga bertugas memberikan motivasi dan instruksi kepada pemain lainnya.

“Seorang kapten harus memiliki wibawa dan kharisma yang bagus, serta bisa menjadi panutan bagi pemain lainnya terutama bagi pemain muda baik dalam segi teknik maupun sikap,” tandasnya. (bai/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *