oleh

Fakta Menarik Laga Pertama Madura United Piala Menpora 2021

KABARMADURA.ID – Semua laga pertama penyisihan grup Piala Menpora 2021 telah selesai, pasca peluit panjang pertandingan yang mempertemukan antara Persib Bandung dan Bali United FC di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu (24/3/2021) malam.

Dari semua grup di laga pertama ini, lima tim di antaranya sukses memetik kemenangan, termasuk Madura United yang mengalahkan PS Sleman 2-1, Selasa (23/3/2021). Hanya di Grup A yang kedua laga berakhir tanpa pemenang dan dan satu laga di Grup D.

Di gelaran pertandingan resmi pasca-vakum setahun lebih, Madura United langsung menorehkan sejumlah catatan brilian. Seperti halnya, memecahkan rekor menurunkan pemain belia berusai 16 tahun 156 hari Ronaldo Joybera di Piala Menpora 2021.

Serta, winger Madura United Moch Kevy Syahertian yang berdarah Madura juga memecahkan rekor dengan menjadi pemain termuda yang mencetak gol di ajang pra-kompetisi ini. Diketahui, dia masih berusia 21 tahun. Sedangkan, pencetak gol termuda lainnya rata-rata berusia 25 tahun.

Golnya itu juga membuat Kevy konsisten selalu mencetak gol di turnamen pramusim. Sebelumnya, dia mencetak gol ke gawang Persik Kediri dalam turnamen Piala Gubernur Jawa Timur (PG Jatim) 2020.

“Ini suatu awal yang bagus, bagi kami, apalagi pemain muda (Moch Kevy Syahertian) bisa mencetak gol itu suatu tambahan motivasi baginya untuk terus berkembang,” kata Manajer Madura United Rahmad Darmawan.

Laga pertama ini juga menjadi malam yang indah bagi sepasang pemain belakang Madura United, yakni Jaimerson Xavier dan Andik Rendika Rama. Jaime sukses mencetak gol kemenangan sekaligus gol pertamanya via tendangan bebas bersama Madura United sejak bergabung tahun 2019.

Sedikit berbeda dengan Rendika Rama dengan ban kapten melingkar di lengannya setelah Fachrudin W Aryanto ditarik keluar. Itu pertama kalinya bagi bek bernomor punggung 6 ini menjabat kapten tim sejak musim 2017.

Proyeksi Tim Nasional (Timnas) Indonesia ini juga tercatat sebagai pemberi umpan silang terbanyak 13 kali. Lalu diikuti pemain Borneo FC Terens Puhiri 12 kali dan gelandang Persija Jakarta Marc Klok 8 kali.

Dominasi Madura United atas PS Sleman dengan perbandingan 62%:38% juga mengantarkan Madura United berada di urutan pertama tim dengan umpan terbanyak, yakni 436 kali.

“Dominasi pertandingan itu penting, makanya kami harus berusaha di setiap pertandingan dikontrol kami, terutama dalam mengatur ritme pertandingan,” tutup Manajer Madura United ini. (idy/maf)

Fakta Menarik Laga Pertama Piala Menpora 2021

  1. Menurunkan pemain termudah yang berusia 16 tahun, ialah Ronaldo Kwateh.
  2. Moch Kevy Syahertian konsisten mencetak gol setiap turnamen pramusim dan menjadi pemain termuda yang menyarangkan si kulit bundar.
  3. Peratam kali Andik Rendika Rama menjabat ban kapten Madura United sejak bergabung tahun 2017.
  4. Gol pertama Jaimerson Xavier melalui skema tendangan bebas langsung sejak bergabung musim 2019.
  5. M. Ridho Djazulie,kiper pertama dalam gelaran Piala Menpora 2021 menggunakan rompi saat bertanding.

Prestasi Statistik Laga Pertama

Tembakan On Target Terbanyak

  1. Persita Tangerang (9)
  2. Madura United (6)
  3. Persiraja banda Aceh (6)

Operan Terbanyak

  1. Madura United (436)
  2. Persita Tangerang (425)
  3. Persikabo (367)

Umpan Silang Terbanyak

  1. Persita Tanagerang (37)
  2. Borneo FC (33)
  3. Madura United (33)

Pengumpan Silang Terbanyak

  1. Andik Rendika-Rama Madura United (13)
  2. Terens Puhiri-Borneo FC (12)
  3. Marc Klok-Persija Jakarta (8)

Komentar

News Feed