oleh

Faktor Usia, Belasan Unit Kendaraan Dinas di Sampang Tidak Layak Pakai

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Tingkat kerusakan kendaraan dinas (KD) di Kabupaten Sampang terbilang tinggi. Sesuai data dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sampang, kerusakan mencapai 70 persen. Bahkan, kendaraan dinas tersebut tidak layak pakai. Terutama, untuk kendaraan dengan tingkat kerusakan yang sangat parah.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Aset BPKAD Sampang, Bambang Indra Basuki mengatakan, terdapat 15 unit kendaraan dinas yang rusak dan tidak layak dipakai tahun ini.  Rinciannya, jenis roda dua (R2) 10 unit, R4 2 unit, dan R3 3 unit. Menurutnya, jumlah unit tersebut terhitung dari Januari hingga Maret 2021.

Salah satu faktor rusaknya kendaraan dinas, mayoritas akibat faktor usia serta aktif beroperasi setiap hari. Meski diperbaiki, dipastikan tidak akan bertahan lama. Sehingga, tahun ini akan ada penambahan kendaraan dinas.

“ Dua kendaraan R4, satu jenis ambulance di Dinas Kesehatan (Dinkes) dan mobil kijang di BPKAD, Yang jelas, jumlah kendaraan rusak tahun ini akan bertambah,” ujarnya, Kamis (25/3/2021).

Bambang sapaan akrabnya menjelaskan, tingkat kerusakan bisa diketahui setelah ada pengembalian dari OPD ke instansinya.  Namun, apabila tingkat kerusakan tidak begitu parah dan masih bisa diperbaiki, maka pengembalian bisa ditolak. “Ketika ada pengembalian aset, kami cek dulu, kalau layak, baru kami inventarisir untuk dilelang. Tapi tidak tahu kapan lelangnya ini,” jelasnya.

Pihaknya menegaskan, kerusakan kendaraan dinas bukan karena tidak ada pemeliharaan dari OPD terkait. Akan tetapi, lantaran faktor usia kendaraan yang sudah tua. Sebab, untuk pemeliharaan kendaraan dinas sudah dianggarkan. “Kalau dana pemeliharaannya langsung ke OPD masing-masing. Tapi, kendaraan yang rusak ini bukan karena dari pemeliharaan,” tegasnya.  (mal/ito)

15 Unit Kendaraan Dinas Tidak Layak Pakai

  • 1 Uni Ambulance
  • 1 Unit Kijang
  • 3 Unit Motor Roda 3
  • 10 Unit Motor Roda 2

Komentar

News Feed