oleh

Fasilitas Pelabuhan Taddan Kurang Lengkap

KABARMADURA.ID, Sampang – Pelabuhan Taddan di Kecamatan Camplong Sampang sudah berhasil dioperasikan beberapa waktu lalu. Saat ini pelabuhan tersebut sudah difungsikan sejak tahun lalu. Namun masih perlu pembenahan fasilitas untuk menunjang kenyamanan penumpang dan pengguna jasa pelabuhan.

Pelabuhan yang dibangun kurang lebih sepuluh tahun itu sudah disinggahi puluhan kapal setiap bulan. Mereka melakukan bongkar muat dari sejumlah perusahaan yang beroperasi di Madura. Termasuk kapal penumpang trayek Probolinggo – Madura bersandar mengangkut barang dan penumpang.

Namun, dalam pengelolaannya masih perlu ada penambahan sarana dan prasarana. Seperti dermaga plengsengan, ruang tunggu penumpang dan sejumlah fasilitas lainnya. Termasuk angkutan khusus dari pintu masuk pelabuhan ke lokasi kapal sandar.

Kepala KUPP Branta, Edy Kuswanto membenarkan jika pihaknya tengah menyusun draf pengajuan penambahan fasilitas. Menurutnya, fasilitas pelabuhan sudah memadai tapi kurang lengkap. Sehingga pihaknya menilai perlu membenahi fasilitas untuk kenyamanan pengguna jasa pelabuhan.

”Kami sudah susun pengajuan penambahan fasilitas. Seperti dermaga pelengsengan, ruang tunggu penumpang dan angkutan khusus dari pintu masuk pelabuhan ke tengah laut,” Ungkapnya.

Dia menjelaskan, lokasi pelabuhan Taddan sangat strategis untuk kapal penumpang. Selama ini sudah berjalan trayek dari Probolinggo – Madura. Akan tetapi masih perlu membenahi dermaga untuk kapal feri. Karena selama ini belum bisa menurunkan muatan kendaraan roda empat ke pelabuhan, sehingga perlu dibangun dermaga pelengsengan.

Selain itu, Edi menambahkan, ruang tunggu penumpang sangat penting. Termasuk angkutan khusus yang mengangkut penumpang dari pintu masuk ke lokasi pelabuhan. Sebab jarak dari pintu masuk ke lokasi bersandarnya kapal sekitar 1,8 kilo meter.

”Mereka perlu ada angkutan khusus. Dan pekerjanya bisa melibatkan masyarakat setempat. jaraknya sangat jauh menuju kapal. Lambat laun kita benahi, karena pelabuhan ini sangat strategis yang dimiliki pulau Madura,” katanya.

Laki – Laki yang menjabat sebagai Ketua IPSI Bangkalan itu mengaku pengajuan akan dilakukan tahun ini. Jika pengajuan disetujui maka tahun depan mulai dilakukan pembangunan. Sehingga tahun berikutnya, sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. (KM54/mam)

 

 

Komentar

News Feed