Final, Penerima BLT Kemensos Capai 65.869 KPM

  • Whatsapp
(FOTO : KM/IMAM MAHDI) MEYAKINKAN : Data BLT Kemensos Final dan akan dicairkan.

Kabarmadura.id/Sumenep-Dari 66.656 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang diusulkan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Sumenep, Kementrian Sosial (Kemensos) RI merekomendasikan 65.869 untuk menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Kepala Dinsos Sumenep Moh. Iksan mengatakan, jumlah KPM yang akan mendapatkan BLT sudah final dan saat ini persiapan pencairan.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah usulan dari BLT itu khusus Kabupaten Sumenep mendapatkan pagu sebesar 65.859 KPM,” katanya, Senin (4/5/2020).

Dijelaskan, data yang bersumber dari pengajun Dinsos itu sudah disampaikan kepada semua pihak termasuk Dispendukcapil, Bappeda dan Pemerintahan Desa (Pemdes) dan diyakini data tersebut sudah valid.

“Sebanyak 65.859 itu benar-benar valid,” tegasnya.

Mengenai data penerima BLT, pemerintah memberikan keleluasaan pada pemerintah daerah sehingga tidak perlu menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai acuan.

Meski begitu, pemerintah akan melihat penerima bantuan agar tidak tumpang tindih. Pasalnya BLT ada yang bersumber dari Kemensos, ada pula yang berasal dari Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melalui dana desa.

“BLT bersumber dariKkemensos ada pula yang dari DD,” paparnya.

Khusus data yang dari Dinsos yakni bantuan dari Kemensos, yang nantinya data tersebut tidak mungkin sama dengan data BLT DD. Namun, walaupun sama nantinya akan dilakukan pelaporan pada pemerintah pusat.

“Jika nantinya di pertengahan jalan ada pendataan ganda, maka akan dilaporkan ke pusat untuk tidak dicairkan pada KPM yang dimaksud ,” tuturnya.

Iksan meyakini pencairan BLT akan diselenggarakan pada Mei minggu pertama atau minggu kedua. Pihaknya saat ini masih mempersiapkan pengurusan pada bank penyalur bantuan tersebut, kemungkinan BNI atau BRI.

“Jika melalui Bank Mandiri rasanya tidak mungkin. Sebab, sudah overload,”  pungkasnya (imd/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *