oleh

Formasi Guru Dominasi Jatah Rekrutmen CPNS di Sampang

Kabarmadura.id/Sampang-Formasi pada rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Sampang, tahun ini sebanyak 290 orang. Dari jumlah itu, posisi guru masih mendominasi formasi tersebut.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sampang, formasi guru mendapat jatah sebanyak 165 kursi, tenaga kesehatan 62, dan tenaga teknis 63.

Kepala Bidang (Kabid) Informasi Kepegawaian dan Pengembangan Karir BKPSDM Sampang Suyono mengatakan, penentuan formasi calon abdi negara itu ditentukan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah hanya sebatas mengusulkan kebutuhan pegawai sesuai kemampuan keuangan daerah untuk membayar gaji.

Lebih lanjut Suyono mengungkapkan, pihaknya mengaku sudah mengajukan kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sampang sekitar 400 formasi pada rekrutmen CPNS tahun ini. Jumlah itu masih terbilang rendah, lantaran kebutuhan ASN sekitar 6 ribu jiwa..

“Untuk Sampang formasi CPNS kali ini sebanyak 290 orang, yang didominasi oleh tenaga pendidik atau guru,” ucap Suyono kepada Kabar Madura, kemarin (6/11).

Suyono menjelaskan, untuk proses pendaftaran rekrutmen CPNS sudah diatur sesuai jadwal pemerintah pusat pada 11 November mendatang. Akan tetapi, untuk daerah hingga saat ini masih menunggu komando atau informasi lebih lanjut dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Kami ini hanya sebatas penyelenggara di daerah, makanya untuk jadwal pendaftaran dan tahapan selanjutnya masih menunggu informasi dari pemerintah provinsi,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, setiap tahun ASN yang pensiun di Kota Bahari terus bertambah, sementara penambahan ASN selama beberapa tahun terakhir relatif sangat sedikit. Sebab, untuk menambah jumlah ASN di lingkungan Pemkab Sampang, pihaknya tidak bisa mengajukan sesuai  kebutuhan jumlah ASN pensiun.

“Kita juga harus melihat kemampuan keuangan daerah untuk membayar gaji pegawai,” pungkasnya. (sub/pin)

 

Komentar

News Feed