Forum Silaturahmi Bani Rasmina Gagas Pengumpulan Zakat Mal untuk Keluarga

(KM/GUS BAHRI FOR KM) KUATKAN PERSAUDARAAN: Seluruh anggota Bani Rasmina berkomitmen untuk menjaga forum silaturahmi yang telah dibentuk. 

KABARMADUA.ID | Perayaan Hari Raya Idul Fitri menjadi momentum untuk menguatkan jalinan silaturahmi antarkeluarga. Seperti halnya Bani Rasmina yang berdomisili di Desa Waru Barat Kecamatan Waru.

KHOYRUL UMAM SYARIF, PAMEKASAN

Kali ini, Bani Rasmina menggagas pengumpulan zakat mal dari sebagian anggota keluarga yang mampu. Nanti, dana yang terkumpul akan digunakan untuk membedah rumah anggota keluarga yang kurang mampu.

Menurut Gus Bahri Abdullah salah keturunan Bani  Rasmina, kegiatan silaturahmi yang berlangsung setiap tahun sekali itu dilakukan sejak tahun 2010. Anggota keluarga sepakat memberi mengusung nama Forum Silaturahmi Bani Rasmina (Fosbana). Selama dua tahun, kegiatan vakum sebab Covid-19. Silaturahmi kembali aktif tahun ini.

“Pada dasarnya ingin mengenang jasa para leluhur, sehingga bisa mempererat tali silaturahmi persaudaraan, baik yang di Madura maupun di luar Madura,” paparnya, Minggu (8/5/2022).

Lebih lanjut, Gus Bahri menuturkan, agenda tahunan itu mendapatkan respon yang luar biasa dari lintas generasi. Sebab diketahui Rasmina merupakan sosok panutan di dalam keluarganya yang konon katanya mampu menulis Alquran dalam kurun waktu semalam.

“Setiap tahun lokasi halal bihalal pasti di lokasi berbeda. Supaya bisa mengayomi setiap generasi Bani Rasmina, tidak pula memandang status sosialnya,” ulasnya.

Silaturahmi dikemas dengan pembacaan tahlil, SurahYasin, dan dilanjutkan dengan pembacaan silsilah keluarga, dan ditutup dengan siraman rohani dari salah satu anggota keluarga.

“Kami sebagai generasi penerus dari Bani Rasmina akan berupaya sebaik mungkin untuk bisa terus menjaga forum silaturahmi yang sudah terbentuk ini,” ujarnya.

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.