Foto Asli Syaikhona Kholil Belum Berhasil Ditemukan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FAIN NADOFATUL M.) TAKJUB: Lukisan wajah yang mirip Syaikhona Muhammad Kholil dipamerkan di kompleks masjid makam Syaikhona Kholil, Desa Martajasah, Bangkalan, Rabu (24/11/2021).

KABARMADURA.ID | BANGKALAN-Pengajuan gelar pahlawan Syaikhona Muhammad Kholil sudah lengkap diajukan. Pengajuan tersebut termasuk foto wajah ulama besar dari Bangkalan tersebut.

Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron mengakui bahwa untuk foto Syaikhona Kholil masih belum ditemukan. Untuk itu, pengajuan hanya menggunakan sketsa berdasarkan keterangan dari keluarganya.

Bacaan Lainnya

“Untuk sementara ini, yang ada hanya lukisan wajah beliau, kalau foto asli belum kami dapatkan,” katanya.

Mengenai hal itu, pria dengan sapaan Ra Latif ini memastikan tidak akan menyerah untuk memperjuangkan gelar pahlawan dari Bangkalan. Menurutnya, pengajuan tersebut memang membutuhkan foto wajah asli dari Syaikhona Kholil. Tapi karena keterbatasan peninggalan rekam wajahnya, pihaknya menggunakan lukisan dari keluarga keturunan Syaikhona Kholil.

“Kelengkapan administratif sudah lengkap, mungkin Tuhan berkata lain. Memang masih terpending, semoga tahun depan bisa kami dapatkan,” jelasnya, Kamis (25/11/2021).

Terpisah, Ketua Lajnah Turots Ilmi Usman Hasan Al Ahyari menyampaikan, pihaknya sudah berusaha mencari foto-foto peninggalan dari Syaikhona Kholil yang memperlihatkan wajahnya. Namun, selama ini dia masih belum menemukan itu. Dari pihak keluarganya pun, kata Usman, hanya memiliki sketsa wajah.

“Selama ini memang tidak ada fotonya seperti apa, hampir kami menyerah,” jelasnya.

Selama pencarian, dia hanya menemukan benda-benda yang pernah dipakai Syaikhona Kholil saat berdakwah dan kitab-kitab yang ditinggalkannya. Dia memperkirakan, tidak adanya foto asli karena pada zamannya,  belum ada digitalisasi untuk itu.

“Dari para peneliti pun juga belum menemukannya. Mungkin karena perkembangan zaman pada waktu itu dan sampai sekarang belum ada foto asli yang meyakinkan kami bahwa itu beliau,” tuturnya menyampaikan pencariannya mengenai foto wajah Syaikhona Kholil.

Sementara itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur Mohammad Nasih Aschal menambahkan, di Nusantara, masih minim ahli sanak atau filolog. Sehingga, dengan adanya Syaikhona Kholil ini bisa menjadi acuan bahwa dia merupakan salah satu orang penting mengenai berdirinya Indonesia.

“Karena Syaikhona ini pada zaman Hindia Belanda telah mempertemukan tokoh-tokoh besar. Juga ada keterlibatannya dalam berdirinya sejarah bangsa Indonesia ini,” tandasnya.

Reporter: Fain Nadofatul M

Redaktur: Wawan A. Husna

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *