oleh

FPKB Resmi Usulkan Raperda Pesantren, Ini Kata Aliyadi Mustofa

KABARMADURA.ID, Pamekasan – Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur, resmi mengusulkan rancangan peraturan daerah (raperda) tentang pesantren sebagai wujud kepedulian terhadap pondok pesantren.

Anggota Fraksi PKB DPRD Jawa Timur Aliyadi Mustofa mengungkapkan, pihaknya secara resmi mengusulkan raperda pesantren dalam rapat paripurna beberapa waktu lalu. Raperda itu nantinya akan menjadi regulasi turunan dari undang-undang pondok pesantren.

“Kami fraksi PKB resmi mengusulkan raperda pesantren, ini sebagai wujud nyata keberpihakan PKB kepada pesantren,” kata pria yang menjabat Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur dalam acara reses III, Selasa (10/11/2020) kemarin.

Mantan anggota DPRD Sampang itu menyampaikan, masyarakat Madura sangat beruntung memiliki perwakilan di DPRD Jawa Timur yang memiliki latar belakang santri. Sebab bisa memperjuangkan nasib santri dan pondok pesantren dengan maksimal.

“Kalau bukan santri siapa lagi yang peduli, tidak ada. Makanya kalau memilih anggota DPRD itu harus serius, latar belakang santri itu sangat penting,” tambah peraih suara terbanyak nasional di internal PKB pada pileg 2019 tersebut.

Gus Aliyadi melanjutkan, selama ini telah banyak pesantren yang mendapatkan perhatian dari pemerintah, mulai renovasi masjid, musolla, bantuan operasional untuk madrasah dininyah dan lain sebagainya.

Dirinya mengungkapkan, melalui raperda pesantren itu, pihaknya akan mengawal peningkatan pemberdyaan pesantren. Sebab menurutnya, peran pesantren tidak hanya sebatas meningkatkan kualitas pendidilan, lebih dari itu, pesantren juga memiliki peran untuk membantu tumbuh kembang perekenomian.

“Kami berharap, raperda pesantren ini sukses dan insyaallah tahun ini sudah rampung,” pungkasnya. (pin)

Komentar

News Feed