Fraksi Madani Ingin PAW Wabup Pamekasan Dipercepat

  • Bagikan
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) SANTAI: Pergantian antar waktu (PAW) wakil bupati Pamekasan ingin dipercepat dengan menyiapkan rumusannya.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Wafatnya Wakil Bupati Pamekasan Raja’e pada 31 Desember 2020 lalu, menjadikan posisi orang nomor dua di kabupaten yang berjuluk Gerbang Salam ini kosong. Kini, pengganti posisi tersebut mulai diperbincangkan.

Salah satunya Ketua Fraksi Madani Dewan Perwakilan rakyat daerah (DPRD) Pamekasan Achmad Tatang. Dia  berharap, suasana duka itu tak berlarut begitu lama, lalu pergantiannya bisa secepatnya diproses.

Alasan Tatang agar dipercepat, karena untuk membantu melancarkan berbagai kegiatan yang telah disusun rapi bersama Bupati Pamekasan Baddrut Tamam. Terkait percepatan pergantian antar waktu (PAW) wakil bupati itu, imbuhnya, bisa dengan menyiapkan rumusannya.

“Kita ketahui bersama, almarhum Wabup Raja’e sudah meninggalkan kita,  sehingga kami memang secara personal juga sudah menyampaikan kepada pimpinan DPRD, agar secepatnya bisa melakukan rapat paripurna pemberhentiannya,” paparnya, Rabu (20/1/2020).

Alasan mendasarnya agar ada percepatan pergantian tersebut, karena kondisi pemerintahan tidak boleh stagnan. Setidaknya bisa membantu berbagai kegiatan percepatan pembangunan yang sudah dirancang secara matang sebelumnya.

“Karena kita tidak mungkin membiarkan saudara bupati Pamekasan bekerja sendirian tanpa dibantu wakilnya, dan ini memang harus cepat, karena kalau kita merunut kenapa harus ada wakil bupati, karena harus membantu jalannya pemerintahan di kabupaten ini,” tegas politisi Partai Golkar ini.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Pamekasan Hermanto mengatakan, untuk mekanisme PAW diharapkan sesuai dengan regulasi yang ada, atau sidang pemberhentiannya maksimal setelah 3 bulan dari meninggalnya wakil bupati.

Setelah itu, partai pengusung bisa mengusulkan kepada bupati untuk dipilih 2 orang kandidat. Jika disepakati, selanjutnya bisa diparipurnakan di DPRD.

“Itu menurut aturan dan undang-undang,” ulas Hermanto.

Baca juga  150 Paket RTLH Sisir Kecamatan Proppo

Namun wakil ketua DPRD Pamekasan itu berharap, penggantinya bisa meneruskan perjuangan Wabup Raja’e yang sudah berjuang keras untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat Pamekasan.

“Harapan kami pengganti dari almarhum wabup Raja’e bisa memberikan yang lebih kepada Pamekasan yang kita cintai bersama,” tegas Hermanto memungkasi pernyataannya. (rul/waw)

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan