oleh

Fungsi Dewas PDAM Trunojoyo Dinilai Tidak Optimal

Kabarmadura.id/Sampang-Desakan terhadap manajemen Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Trunojoyo Sampang, untuk segera membenahi dan menyelesaikan berbagai permasalahan di internal Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu terus mencuat. Salah satunya tentang fungsi Dewan Pengawas (Dewas) PDAM.

Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang Alan Kaisan menilai, keberadaan dan kinerja Dewas PDAM Trunojoyo itu tidak berguna, buktinya selama ini belum ada tindakan dan langkah nyata dalam menyikapi bobroknya pelayanan BUMD itu, terbukti selama beberapa tahun terakhir belum ada peningkatan signifikan.

Menurut dia, jika keberadaan Dewas tersebut diatur dalam peraturan, mestinya berfungsi untuk melakukan kontrol, monitoring dan pengawasan, serta memberikan masukan, pengarahan-pengarahan  untuk bisa mencapai target kinerja dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Selama 5 tahun terakhir ini, PDAM tidak ada perkembangan yang signifikan, meliputi pendapatan, kontribusi PAD dan lainnya, jadi Dewas ini tidak berguna,” terangnya kepada Kabar Madura, Kamis (13/2/2020).

Pria yang akrab disapa Alan itu membeberkan, setelah pihaknya mengadakan rapat dengan manajemen PDAM, pihaknya menargetkan selama satu tahun kedepan harus ada perubahan terhadap kualitas pelayanan, minimal semua target dapat terpenuhi.

Perubahan itu lanjut Alan, akan terwujud jika Dewas merupakan orang-orang yang kompeten, integritas dan berpengalaman, sehingga kerja dan kinerjanya bisa membawa perubahan PDAM yang lebih baik kedepan.

“Kami melihat selama ini Dewas belum memberikan dampak yang positif,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Sekretariat Kabupaten (Setkab) Sampang Juwaini mengungkapkan, masa jabatan Dewas PDAM Trunojoyo saat ini sudah berakhir sejak tanggal 10 Februari 2020 kemarin, sehingga harus dilakukan proses seleksi kembali.

Menurutnya, keberadaan Dewas cukup berpengaruh terhadap optimalisasi pelayanan pada masyarakat. Sebab kewenangan Bagian Perekonomian Setkab Sampang hanya sebatas melakukan pembinaan, sedangkan untuk pengawasannya menjadi kewenangan Dewas yang berfungsi mengoreksi dan merekomindasikan.

“Dewas PDAM yang sekarang ini sudah berakhir, kemungkinan dalam waktu dekat akan menggelar seleksi untuk mengisi kekosongan ini,” jelasnya. (sub/pin)

 

Komentar

News Feed