oleh

Fungsi Linmas Sangat Vital di TPS

Kabarmadura.id/SAMPANG-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang menyebut, peranan dan fungsi anggota satuan perlindungan masyarakat (satlinmas) yang bertugas di desa maupun kecamatan sangat vital dalam menghadapi pemilihan umum (pemilu) pada 17 April mendatang.

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sampang Syamsul Arifin mengatakan, untuk anggota satlinmas di tempat pemungutan suara (TPS), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat harus menyediakan ketersediaan keamanan pertama di tingkat TPS tersebut. Di mana dalam satu TPS harus menugaskan dua anggota linmas.

Dikatakannya, solusi untuk melengkapi kesiapan tugas anggota linmas, kekurangan anggota linmas berasal dari masyarakat biasa untuk ditugaskan di TPS. Tetapi masyarakat biasa yang diperbantukan atau diberdayakan melaksanakan tugas anggota linmas diberi tanda atau atribut khusus pengamanan.

“Saat pencoblosan di TPS, fungsi anggota linmas itu siaga di pintu masuk dan pintu keluar TPS,” tambahnya.

Untuk memenuhi kekurangan anggota linmas tersebut, rekrutmen anggota linmas yang baru harus dilakukan dengan tetap berpatokan dengan ketentuan yang berlaku. Pasalnya secara umum, linmas ini bertugas melaksanakan perlindungan masyarakat yang berhubungan dengan ketentraman, ketertiban dan keamanan masyarakat dan kegiatan sosial lainnya.

Untuk itu, fungsi linmas membantu memelihara serta meningkatkan keamanan jelang pemilu mendatang. Selain itu, anggota linmas harus mengawal penjemputan kotak suara, termasuk saat pemungutan dan penghitungan suara. Kemudian saat penetapan hasil penghitungan suara dan pengiriman hasil, dikawal anggota linmas.

“Yang jelas, setiap tahapan anggota linmas harus terlibat langsung dalam membantu pengamanan pemilu,” timpalnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Sampang Syamsul Mu’arif mengatakan, bahwa untuk memenuhi kebutuhuan ribuan Linmas tersebut, pihaknya sudah melakukan pengajuan kepada pemerintah setempat untuk di sampaikan kepada camat dan kepala desa agar memenuhi permintaan kebutuhan penjagaan di setiap TPS.

“Sudah disampaikan kepada Pemkab Sampang untuk segera disiapkan di setiap TPS nanti saat pelaksanaan pencoblosan,” katanya.

Dijelaskan pula, dalam Pemilu 2019 ini, KPU membutuhkan 2 orang linmas untuk menjaga setiap TPS. Dengan begitu, ada 7.382 Linmas yang akan menjaga 3.691 TPS yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Sampang.

“Dalam pemilu 2019 kami membutuhkan linmas sebanyak 2 orang di setiap TPS, yang jelas kebutuhan linmas itu kami sudah merekomendasikan kepada pemerintah daerah agar menyampaikan kepada camat dan camat menyampaikan kepada kepala desa untuk mengisi 2 orang limnas di setiap TPS,” pungkasnya. (awe/mam/waw)

Komentar

News Feed