oleh

Gagal Capai Target PAD, Kinerja Lima OPD Segera Dievaluasi

-News-120 views

Kabarmadura.id/Sumenep-Berdasarkan catatan Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Sumenep, laporan retribusi dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) banyak yang belum mampu memenuhi target.

Kepala Bidang (Kabid) Penagihan Suhermanto mengatakan, target PAD OPD pada tahun 2019 lalu senilai Rp17.723.769.200. PAD itu dikumpulkan dari retribusi jasa umum, retribusi jasa usaha, retribusi perizinan tertentu , dan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan.

“Itu yang sampai saat ini masih belum mencapai target PAD, kalau dipersentasikan itu sekitar 95 persen, berdasarkan data yang terhimpun sampai tahun ini. Sementara untuk yang pajak yang kami tangani itu sudah 114 persen,” katanya, Selasa (11/2/).

Sementara beberapa OPD yang belum mencapai target dari di antaranya adalah Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

Tetapi kalkulasi pendapatan tersebut sampai saat ini belum final, lantaran belum diaudit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Sehingga ada kemungkinan ada perubahan sesuai audit.

“Jumlah penarikan terlalu kecil atau terlalu besar, sehingga hal itu nanti diketahui setelah diaudit, apakah kurang dalam per bulannya, maka itu juga menjadi salah tanda terhadap kinerja,” imbuhnya.

Namun pihaknya akan melakukan evaluasi dan mencari langkah agar tahun ini dapat mencapai target.

“Kami akan mengevaluasi dengan Pak Sekda (Sekdakab Sumenep Edy Rasyadi) seperti apa kondisinya dan faktor-faktor penyebabnya,” pungkasnya. (ara/waw)

Komentar

News Feed