oleh

Gagal Merantau, Pria Asal Bangkalan Banting Setir Jual Kerajinan Tangan

Kabarmadura.id/BANGKALAN– Kisah haru yang dialami oleh Solehuddin, pria asal  Bangkalan  yang gagal merantau ke luar negeri berbuah manis. Kegagalan saat ingin bekerja di negeri Jiran tidak membuatnya putus asa. Ia membuat karya seni yang terbuat dari tanah untuk  dijadikan pot bunga,

Pria asal Desa Lembung Kecamatan Sepuluh  itu  mengaku  sebelumnya sempat pulang dari tanah rantau lantaran adanya Covid-19, sehingga dirinya pulang ke kampung halaman, pada bulan April lalu.

“Saya pulang ke kampung halaman lantaran adanya Covid-19,” jelasnya, Selasa,(18)8/2020).

Dengan kondisi seperti saat ini tidak membuatnya  lemah melainkan menjadi inspiratif. Sehingga ia yakin bahwa  karya seni yang lahir dari jemarinya akan menjadi jalan menujunya menjadi orang sukses.

“Dengan kondisi seperti ini  berharap lebih untuk merantau ke negara tetangga memang sangat sulit namun dengan kondisi seperti ini jemariku kembali beraktifitas untuk membuat pot bunga,” jelasnya.

Lantaran tidak memiliki tempat untuk beraktivitas ia garap pot bunga di halaman rumahnya. Walapaun pihaknya tidak memiliki tempat khusus untuk membuat kerajinan tangan akan tetapi kualitas pot bunga tidak usah diragukan lagi.  Sebab saat ini sudah banyak orang yang memesan dari berbagai macam pot bunga.

Selain membuat pot bunga, Soleh juga gemar menanam bonsai untuk mempercantik pemandangan di halaman rumahnya. “Sebelum saya pergi ke tanah rantau saya suka membuat pot bunga serta menanam bonsai,” curhatnya

Selain itu, Soleh menuturkan untuk penghasilan dalam setiap harinya tidak menentu, penghasilan dari pot bunga itu tergantung dari banyaknya konsumen.” Penghasilan saya dalam setiap harinya tidak menentu sebab tergantung dari banyaknya pembeli, jika pembeli banyak maka penghasilan juga ikut banyak,” jelasnya

Karya Seni yang lahir dari jemarinya tentu membuahkan hasil yang barokah.  Selain itu harga pot bunga yang dibuatnya tidak begitu mahal sebab dirinya melihat kondisi konsumen.

“Kalau harga mulai dari 30 ribu sampai mencapai ratusan sebab melihat dari bentuk dan proses penggarapan. Saya membuat pot bunga dari berbagai jenis baik berjenis oval, bentuk bulat,  dan juga banyak lagi jenis pot bunga yang yang saya buat tergantung kesukaan pemesanan,” terangnya.

Selain itu Soleh berharap dengan adanya Covid-19 ini agar cepat berlalu sebab pihaknya masih punya keinginan bisa berangkat ke tanah rantau untuk lebih mencukupi perekonomian keluarga.

“Saya harap masih bisa berangkat ke tanah rantau guna untuk melengkapi kebutuhan istri dan 4 buah hati,  dan semoga usaha pot bunga ini terus berkembang, jadi nantinya biar keluarga bisa melanjutkan usaha kerajinan ini,” harapnya.(sae/mam)

 

Komentar

News Feed