oleh

Gagal Usung Kader, Nasdem Sumenep Bingung Tentukan Dukungan

Kabarmadura.id/SUMENEP-Partai Nasdem Sumenep masih ragu menentukan dukungannya untuk calon bupati Sumenep. Sejauh ini, pengurusnya masih sibuk berkoordinasi dengan Partai Nasdem Koordinator Wilayah (Korwil) Madura sebagai pertimbangan untuk menentukan siapa yang layak didukung.

Ketua DPD Partai Nasdem Sumenep A. Tirmidzi menjelaskan, sejauh ini partainya hanya bisa menentukan ancang-ancang koalisi. Namun belum berani menentukan dukungan kendati sudah tidak memungkinkan mengusung calon dari kader sendiri.

“Saya sebenarnya tidak berani, karena yang pantas itu ketua koordinator yaitu pak Bupati Sampang Slamet Junaidi. Tapi yang pasti kami masih mau koordinasi dan sampai saat ini belum bisa menyatakan dukungan terhadap salah satu calon, baik itu Achmad Fauzi atau Fattah Jasin,” katanya, Rabu (1/6/2020).

Bahkan, komunikasi dengan beberapa partai juga menjurus ke jalinan koalisi. Namun sejauh ini  sudah cukup dekat dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Namun begitu, tegas Tirmidzi, pihaknya akan tetap patuh dengan keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem melalui rekomendasi yang diterbitkan.

“Kalau ancang-ancang koalisi, sejauh ini kami hanya dengan PPP, tetapi itu komunikasi saja, sementara nanti sebelum ke DPP, kami masih aktif berkoordinasi dengan wilayah dulu, tapi yang pasti, calon dari kader Nasdem sendiri tidak ada,” imbuhnya.

Kendati seperti itu, dia tetap mempunyai kriteria untuk bakal calon yang akan diusung. Dengan budaya masyarakat Sumenep yang masih lekat dengan nuansa religius, kata Tirmidzi, calon yang akan diusung tidak akan jauh dari unsur itu.

Termasuk juga bisa menjamin kesejahteraan Sumenep, yaitu dibuktikan dengan kekayaan alam yang tidak mudah dijual ke daerah luar atau bisa dikelola dan dimaksimalkan dengan masyarakat lokal Sumenep.

“Kami tidak anti, misalnya pariwisata tetapi nuansa religius harus melekat di berbagai sektor. Barometer itu tentunya menjadi acuan dan komitmen bagi kami dalam menyusun rencana pemenangan terhadap calon yang akan diusung nantinya,” paparnya. (ara/waw)

Komentar

News Feed