Gaji Aparat Desa di Sumenep Setara ASN

  • Whatsapp

Hanya untuk Aparat Desa Non-PNS

Foto: KM/Misbahul Munir – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD ) Sumenep, Achmad Masuni.

Kabarmadura.id/SUMENEP – Gaji para aparat desa meroket tajam, setara dengan aparatur sipil negara (ASN) golongan II A. Khusus untuk para aparat desa yang sudah berstatus ASN, tidak mendapatkan anggaran tersebut karena gaji tersebut dikhususkan kepada perangkat desa non-PNS.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) telah melakukan verifikasi data perangkat desa yang berhak mendapatkan gaji yang bersumber dari alokasi dana desa (ADD) tersebut. Hanya saja, Kepala DPMD Ahmad Masuni mengatakan bahwa pihaknya masih akan merapatkan kembali kapan pemberian gaji itu akan diterapakan.

“Kami masih akan merapatkan mengenai dana perangkat dana desa ini , apakah nanti akan berlaku tahun 2020 ataukah tahun sekarang, tapi berdasarkan pasal 81 B maksimal Januari 2020,” ungkapnya saat ditemui Kabar Madura di Kantornya, Jumat (15/3).

Pemberian dan peningkatan gaji tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 8 Tahun Tentang Desa terkait dengan pasal 81 yang mengungkapkan bahwa penghasilan tetap diberikan kepada kepala desa, sekretaris desa, dan perangkat desa lainnya yang dianggarkan dalam APBDesa yang bersumber dalam ADD.

Adapun aparat desa yang akan mendapat gaji tersebut antara lain kepala desa (kades), sekretaris desa (sekdes), kepala urusan (kaur), kepala seksi (kasi), dan kepala dusun (kadus) sebagaimana nominal yang tertera di tabel.

Masuni berharap, kepala desa bisa semakin meningkatkan kinerjanya dalam mengurus desa, semakin mengaktifkan balai sebagai pusat administrasi desa, dan kinerja lain. Ditambah lagi karena sudah mendapatkan gaji yang lebih besar daripada biasanya, ia berharap agar perangkat desa lebih disiplin. “Perangkat desa wajib ngantor, fardhu ‘ain itu, ini bukan sekadar urusan gaji,” harapnya. (mad/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *