oleh

Gaji Naik, Kinerja ASN Dituntut Membaik

Kabarmadura.id/SAMPANG-Tahun ini, pemerintah pusat resmi menaikkan gaji pokok dan pensiun pokok bagi aparatur sipil negara (ASN) serta pensiunan rata-rata 5 persen. Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Sampang mengklaim, kenaikan itu tidak membebani postur Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sampang.

Kepala BPPKAD Sampang Suhartini Kaptiati membenarkan adanya kenaikan gaji ASN itu. Disebut tidak mempengaruhi APBD, karena kenaikannya sudah teranggarkan melalui dana perimbangan yang ditansfer ke daerah.

“Kenaikan gaji ASN ini, berdasarkan PP 15 tahun 2019 dan Perpres 16 tahun 2019, gaji  pokok ASN resmi naik per April sebesar 5 persen,” ucapnya kepada Kabar Madura, Kamis (4/4).

Terakhir kali kenaikan gaji pokok para abdi negara selama 5 tahun belakangan, terjadi pada tahun 2015. Untuk itu, kenaikan gaji tersebut dinilai sangat wajar dan sudah sepantas. Namun pihaknya mengaku tidak tahu besaran kenaikan, karena kenaikan gaji setiap ASN itu disesuaikan dengan besaran gaji pokok yang diterima.

“Untuk rincian kenaikannya, kami belum tahu pasti, namun yang jelas, gaji pokok ASN ini naik sebesar 5 persen, dan bulan ini sudah bisa dicairkan,” kelitnya.

Sementara itu, Anggota Komisi I DPRD Sampang Syamsul Arifin meminta semua abdi negara, khususnya di lingkungan Pemkab Sampang, dapat meningkatkan kenerja dan pelayanan kepada masyarakat. Pasalnya, pemerintah sudah memenuhi hak-haknya dengan menaikkan gaji.

“Jadi para ASN harus sadar diri juga, jangan hanya menerima kenaikan gaji, tapi kinerja tetap melempem,” kata politisi Partai Hanura itu.

Adanya kenaikan gaji itu, kata Syamsul, wajib hukumnya meningkatkan pelayanan dan kinerja. Pihaknya berharap, ke depan tidak ada lagi keluhan terkait buruknya pelayanan dari abdi negara kepada masyarakat.

“Harus diimbangi dengan peningkatnya kualitas kinerja dan pelayanan, jangan hanya mau terima enaknya saja, jangan sampai gaji naik kinerja tetap rendah, harus ada perubahan,” katanya.

“Kami berharap, kedepan para abdi negara di Sampang lebih semangat dan giat dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai pelayan masyarakat,” tukasnya. (sub/waw)

Komentar

News Feed