oleh

Gaji Penyuluh Naik 100 Persen, Guru Honorer Tetap 250 Ribu

Kabarmadura.id/Sumenep-Gaji  penyuluh agama naik 100 persen, dari yang asalnya Rp500 ribu menjadi Rp1 juta per bulan. Hal ini berbeda dengan gaji guru honorer yang masih jauh dari kata sejahtera, yakni hanya sekitar Rp250 ribu per bulan. Itupun tidak rutin setiap bulan.

Kepala Seksi (Kasi) Kesmas Islam Abd Aziz menyampaikan, kenaikan gaji penyuluh terjadi sejak tahun 2019 kemarin berdasarkan rekomendasi dari pusat.

“Sudah naik, tahun kemarin lima ratus ribu sekarang sudah satu juta per bulan itu. Besaran itu bukan berdasarkan persetujuan dari daerah karena itu dana pusat makanya dari pusat SK-nya,” katanya, Selasa (4/2/2020).

Perbedaan gaji guru dan penyuluh ini terjadi karena gaji penyuluh berasal dari pemerintah pusat. Sementara gaji guru madrasah pada umumnya diambilkan dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang nominalnya terbatas. Selain itu, guru madrasah jumlahnya mencapai 13.000 orang se-Kabupaten Sumenep. Sementara penyuluh agama berjumlah 8 orang per kecamatan.

“Kalau kebutuhan penyuluh setiap tahunnya tetap tidak berubah, yang berubah itu gajinya tahun ini, setelah mendapatkan SK gajinya langsung bisa dinikmati penyuluh,” imbuhnya. (ara/pai)

Komentar

News Feed