Gedung Ambruk, Siswa Gunakan Garasi Mobil untuk Belajar

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHURROHMAN) KELAS OUTDOOR: Pasca kelasnya ambruk akibat diterjang hujan deras, siswa SDN 1 Tlagah belajar di garasi mobil milik warga.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN-Pasca gedungnya ambruk diterjang hujan deras pada 2 Desember 2021 lalu, siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Tlagah, Kecamatan Galis, Bangkalan, gunakan garasi mobil milik warga sekitar sebagai tempat belajar.

Kepala SDN 1 Tlagah Slamet Ariyadi mengungkapkan, ada dua ruang kelas yang ambruk, yakni kelas 1 dan 2. Kini siswa di kelas tersebut terpaksa menumpang di garasi mobil milik warga.

“Sudah berlangsung selama 1 bulan lebih 2 ruang kelas ambruk, sehingga dari dua keluas itu totalnya 39 siswa terpaksa belajar di garasi mobil. Insyaallah akan dibagun dari dana DAK tahun 2022 ini,” ungkapnya, Rabu (12/1/2022).

Menurut Slamet, selain karena ambruk, memang di sekolah tersebut kekurangan ruang kelas. Sehingga sebagian ruang kelas disekat dengan triplek sebagai solusi dalam mengatasi kekurangan tersebut.

“Sekolah sini hanya ada 3 lokal 1 lokal, ditempati 2 kelas, disekat di tengah, dan itu sudah berlangsung lama. Jadi satu ruangan itu diisi dua kelas,” imbuh Slamet.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Sekolah Dasar (Kabid SD) Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan Dwi Ega menjelaskan, bahwa meski ambruk, kegiatan belajar mengajar tetap berlanjut.

“Satu ruang kelas yang ambruk, sementara waktu siswa menumpang di rumah salah satu tokoh yang juga merupakan salah satu anggota komite sekolah,” jelas Ega.

Sedangkan melihat kondisi sekolah yang tidak layak untuk digunakan, lanjut Ega, dia mengaku akan segera diperbaiki. Akan tetapi, pihaknya belum bisa memastikan kapan akan diperbaiki.

“Pastinya kami belum tahu, insyaallah dalam tahun 2022 ini akan ada rehab,” ujarnya saat ditanya tentang jadwal perbaikannya.

Atas kondisi itu, Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan  Nurhasan meminta sekolah itu segera diperbaiki.

“Untuk jadwal tahapan Disdik yang paham, namun saya berharap sekolah itu secepatnya dibangun dengan bangunan yang bagus,” singkat Nurhasan.

Reporter: KM63

Redaktur: Wawan A. Husna

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *