Gelar Musabaqah Hifdzil Qur’an, BPRS Bhakti Sumekar Sambut Hari Jadi Sumenep ke-753


Gelar Musabaqah Hifdzil Qur’an, BPRS Bhakti Sumekar Sambut Hari Jadi Sumenep ke-753

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Sumenep akan menggelar lomba Hifdzil Quran (musabaqah hafalan Alquran) juz 1 dan 30 tingkat anak-anak dan remaja se-Kabupaten Sumenep, baik daratan maupun kepulauan.

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama sekitar lima hari dalam rangka memeriahkan hari jadi Sumenep yang ke-753. Salah satu badan usaha milik desa (BUMD) yang bergerak di bidang perbankan dan sudah berprestasi itu menggandeng beberapa pihak. Di antaranya Disdik dan Kemenag Sumenep. Lomba hafalan Alquran akan dimulai tanggal 3 sampai 7 Oktober 2022 di Pendapa Keraton Sumenep.       

Direktur Utama BPRS Bhakti Sumekar Hairil Fajar mengungkapkan, salah satu tujuan kegiatan ini ialah untuk membumikan Alquran sejak dini kepada para generasi muda. 

“Penanaman mental Qur’ani sangat dibutuhkan di era sekarang dalam rangka menyiapkan generasi bangsa yang agamis, scientist. dan reformis,” katanya.

Disampaikan Fajar, zaman sekarang sangat jauh berbeda dengan zaman dulu. Transformasi informasi yang serba cepat kerap ‘mencuri’ waktu para generasi untuk lupa baca Alquran.  

Untuk itu, pihaknya berinisiatif melalui kegiatan itu untuk menanamkan nilai-nilai Qur’ani dalam jiwa generasi muda. Hal diperlukan, agar generasi muda saat ini kuat pikiran ya dalam membentengi diri dari hal-hal yang bertentangan dengan agama mereka, baik sekarang maupun di masa mendatang.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menumbuh kembangkan minat dalam mempelajari dan mengamalkan ajaran Alquran pada anak-anak sejak usia ini,” jelasnya.

Di samping itu, lanjut Fajar,  kegiatan tersebut juga dalam rangka menggali potensi dan memberikan apresiasi bagi penghafal Alquran.

Ditambahkan Fajar, jika lomba tersebut terinspirasi dari mushaf yang ditulis Sultan Abdurrahman Raden Abdurrahman Aryo Tirtodiningrat Pangeran Notonegoro, Pakunataningrat I, atau Sultan Notokusumo II, yaitu sultan yang memerintah Kerajaan Sumenep pada tahun 1811-1854 M.

“Terinspirasi dari mushaf yang ditulis oleh Sultan Abdurrahman yang saat ini ada di museum. Alquran sebagai pandangan dan petunjuk bagi umat Islam. Melalui lomba ini, kita harapkan akan menjadi momentum bagi anak-anak. Karena tempat lomba ini kita adakan di Pendopo Keraton. Sehingga menjadi penerus pemimpin-pemimpin Sumenep yang mencintai Alquran,” harapnya. 

Bagi para pemenang lomba berhak mendapatkan: piagam untuk semua peserta, penginapan untuk peserta kepulauan (maksimal untuk 2 peserta), snack selama kegiatan, tropi penghargaan + beasiswa untuk juara I, II, III, dan harapan I, II, dan III. 

Mengenai lebih lanjut soal pendaftaran bisa kontak lewat Dani (081703045105: WhatsApp). Sementara berkas bisa langsung ke Sekretariat Panitia: Kantor Divisi PT BPRS Bhakti Sumekar Jl. Trunojoyo No 137 Sumenep atau juga biswa lewat link http:// bit.ly/3BNoJAP.

Reporter: Moh. Razin

Redaktur: Fathor Rahman, Aufal Fresky