oleh

Gelar Pertemuan Akselerasi Pelaksanaan Stunting, Dinkes Berkomitmen Turunkan Jumlah Kasus

Kabarmadura.id/Sampang-Untuk menekan angka kasus stunting di Kabupaten Sampang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang terus galakkan pertemuan akselerasi pelaksanaan stunting di desa-desa lokus stunting, salah satunya di Desa Tlambah Kecamatan Karang Penang, Sampang, pada Kamis (27/08/2020).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Sampang Agus Mulyadi menuturkan, pertemuan akselerasi stunting itu untuk mereview atau rembuk stunting di desa lokus. Pada tahun ini ada sebanyak 18 desa lokus stunting, salah satunya desa Tlambah Karang Penang itu.

Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan pertemuan akselerasi kali ini, yakni tim pokja stunting kecamatan dan desa setempat, meliputi kades dan perangkat desa, termasuk ibu PKK, kader pendamping, posyandu, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat dan tim kabupaten.

“Pertemuan akselerasi pelaksanaan stunting ini untuk mengetahui sejauh mana upaya dan program yang sudah dan akan dilakukan oleh pihak Desa Tlambah dan desa lokus stunting lainnya dalam rangka penurunan angka stunting,” tutur Agus Mulyadi kepada Kabar Madura.

Dirinya menjelaskan, semua desa lokus stunting itu akan dilakukan evaluasi, terkait program dan kegiatan dalam rangka penurunan angka kasus stunting. Tim Kabupaten mendatangi desa lokus, dan kepala desa diminta untuk mempresentasikan tentang hal-hal yang sudah dikerjakan serta kendala yang dialami oleh desa.

“Tim stunting kabupaten ini nantinya akan membantu terkait kendala yang dialami oleh setiap desa, dan tim kabupaten juga menyampaikan program yang akan dijalankan, sehingga desa dan kabupaten tetap bersinergi,” imbuhnya.

Sambung dia, kegiatan yang dilakukan di desa lokus dalam rangka penurunan stunting itu banyak dan bervariasi, karena setiap desa memiliki inovasi tersendiri untuk menurunkan angka stunting di desa tersebut. Penanganan kasus stunting itu melibatkan OPD lainnya, jadi tidak hanya Dinkes.

“Prinsipnya, kami (Dinkes red) dan OPD terkait lainnya serta desa lokus stunting ini berkomitmen menurunkan angka stunting,” terangnya. (sub/pai)

Komentar

News Feed