Gelar PKKMB, Rektor UTM Gelorakan Semangat MBKM

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) HIDUP MAHASISWA!: Rektor dan Panitia PKKMB Sakera 2021 UTM saat membuka PKKMB menggunakan media daring.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN-Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru  PKKMB secara daring. Meski begitu, kegiatan penyambutan untuk para mahasiswa baru itu tetap dilakukan dengan khidmat.

Para calon mahasiswa baru nanti akan menjadi inisiator pendorong dalam mengembangkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Ristek Dikti.

Bacaan Lainnya

Ketua Pelaksana PKKMB UTM Tahun 2021 Dr. Akhmad Farid, S.Pi, MT ,menyampaikan, PKKMB Sakera Universitas Trunojoyo Madura diharapkan dapat menyiapkan dan membangun generasi muda Indonesia masa depan yang tangguh dan madani, generasi muda yang berkarakter, bermartabat, mandiri, berbudaya, kreatif dan inovatif.

“Saya yakin mereka mampu, dan saya percaya UTM bisa maju dengan mereka,” katanya mengawali laporan.

Disampakan pula, di tengah tantangan jaman yang semakin berat, diperlukan kemampuan dari mahasiswa UTM untuk beradaptasi dengan dunia digital dengan tetap mengedapankan nilai-nilai kearifan lokal dan budibudaya. Keduanya harus dijaga dan akan menjadi tugas bersama.

Setelah itu, Wakil Rektor III UTM Bidang Kemahasiswaan Agung Ali Fahmi SH. MH. menerangkan, pelaksanaan PKKMB akan dilakukan secara sepenuhnya dengan daring. Dimulai sejak Senin (2/8/2021) hingga Rabu (4/8/2021).

Setelah PKKMB tingkat universitas, akan dilanjutkan di tingkat fakultas dan program studi.

“Ini upaya agar kita saling mengenal dan saling dekat dan juga memiliki tujuan yang sama, yakni memajukan UTM,” jelas Agung.

Dengan membawa tema “Patriot Tangguh, Berkepribadian Kreatif dan Peduli“, bertujuan agar para mahasiswa lebih aktif dan memiliki jiwa patriotis. Sehingga bisa memiliki rasa kepedulian di tengah masa pandemi.

Agung melaporkan, ada sebanyak 4.248 mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan tahunan tersebut. Rinciannya, 15 orang penerima beasiswa afirmasi, 59 orang dari jalur prestasi dan 1.407 orang sebagai penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP K).

“Mereka adalah sekian dari mahasiswa yang beruntung, yang saya harap bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik baiknya,” pungkas dosen Fakultas Hukum UTM itu.

Rektor UTM Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si juga memberi selamat datang kepada semua calon mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan tersebut. Sebelum mengawali sambutan, pria itu memberikan semangat dengan menggelegarkan slogan Hidup Mahasiswa!.

“Saya selalu merasa bersemangat, saat menghadapi mahasiswa baru, karena mereka adalah harapan,” papar lelaki asal Sampang tersebut.

Selain itu, juga mengharapkan agar kegiatan tahunan itu berjalan dengan lancar dan tetap produktif dan inovatif meski dilaksanakan secara daring. Sehingga para mahasiswa juga tidak berhenti semangat, baik untuk menjalani seluruh kegiatan PKKMB atau saat perkuliahan nantinya.

“Selamat datang, selamat menjadi Sakera UTM yang baru,” jelasnya.

Mahasiswa baru juga diharapkan nanti bisa menjadi pendorong untuk mengembangkan UTM dan mengimplementasikan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka agar bisa lebih luas diaplikasikan.

“Mereka semangat baru, jadi sudah sewajarnya menjadi harapan besar bagi kami,” tutup Muh. Syarif. (hel/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *