oleh

Gelaran Upacara 17 Agustus di Bangkalan Dibatasi 30 Peserta

Kabarmadura.id/Bangkalan– Gelaran upacara bendera pada 17 Agustus Pemerintah Kabupaten membatasi jumlah peserta. Pembatasan itu sesuai dengan petunjuk teknis dan sesuai dengan protokol kesehatan pada masa pandemi covid-19.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bangkalan Saat Asjari menuturkan,  bahwa gelar upacara 17 Agustus mendatang akan dibatasi. Maksimal mencapai 30 orang dari setiap organisasi perangkat daerah (OPD). Apabila pada tahun lalu digelar di Alun-alun Bangkalan akan tetapi gelar upacara pada tahun ini akan digelar di depan Kantor Pemerintah Kabupaten Bangkalan.

“Pelaksanaan upacara 17 Agustus sesuai dengan juknis peserta dan undangan untuk  upacara dibatasi, tidak semuanya OPD diundang.” Jelasnya Selasa (11/8/2020).

Selain itu, pada gelaran upacara  tidak disiapkan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka). Hal itu berbeda dari tahun tahun sebelumnya.” Upacara tahun ini tidak lagi disiapkan paskibraka, dalam bentuk formasi kelompok 17 serta 8 paguyuban tidak ada lagi, sebab sudah ada petunjuk penggunaan merah putih cukup dikibarkan oleh tiga orang saja,” jelasnya

Pihaknya menyampaikan jika tahun ini seleksi paskibraka ditiadakan sehingga  gelar upacara bendera di tahun ini menggunakan paskibraka di tahun 2019.

” Walaupun di tahun ini tidak ada seleksi paskibraka namun gelar upacara kita sudah mempersiapkan tiga personel dari paskibraka tahun 2019 yang kita pakai,” tuturnya,

Selain itu di tengah wabah covid-19 untuk OPD yang tidak diundang ke acara upacara maka harus merayakan upacara tersebut dengan cara virtual. Pihaknya menyampaikan saat gelar upacara berlangsung maka segala kegiatan diharapkan untuk istirahat sejenak guna untuk menghormati penghianatan Sang Saka Merah Putih.

” Pada jam 10.17 saat Bendera Merah Putih dikibarkan diharapkan kepada masyarakat agar segala aktivitas diistirahatkan sejenak guna untuk menghormati pengibaran Sang  Saka Merah Putih,” terangnya (sae/mam)

 

 

 

Komentar

News Feed