oleh

Gencar Perketat Penjagaan Area Perbatasan Pamekasn-Sumenep

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Menjelang mudik lebaran, pihak kepolisian intens melakukan razia di beberapa akses masuk daerah maupun perbatasan.  Seperti di Jalan Raya Sumenep – Pamekasan, pengamanan dilakukan di Desa Rombasan, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep. Hal ini diungkapkan Petugas Covid-19 terpadu Perwira Pengendali (Padal) dipimpin Iptu Wahyudi Kusdarmawan, Senin (3/5/2021).

Menurutnya, razia tersebut dilakukan untuk mengawasi serta melakukan pengamanan  terhadap para warga luar daerah yang akan mudik, baik berupa rombongan wisata dari luar Kabupaten Sumenep termasuk kendaraan plat luar wilayah Sumenep. “Kami siap melakukan penyekatan dan siap menghalau pemudik seusai kebijakan larangan mudik lebaran teranggal 6-17 Mei 2021,” ujarnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Kapolsek Saronggi itu, memberikan edukasi tentang 5 M. Yakni, menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas dan interaksi, melaksanakan pemeriksaan rapid test antigen terhadap pengendara. “Kegiatan ini, rutin kami lakukan,” ucapnya.

Pihaknya menegaskan, terdapat beberapa agenda di pos penjagaan. Rinciannya, pada pukul 20.00 wib mengawasi pelaksanaan serah terima piket posko dari petugas jaga lama, pukul 20.30 wib memimpin pelaksanaan apel, memberikan tugas dan tanggung jawab piket posko yang dilanjutkan melaksanakan Razia himbauan larangan mudik terhadap orang luar daerah.

Selanjutnya, pukul 01.00 wib, melaksanakan razia dan himbauan tentang protokol kesehatan (prokes) terhadap orang luar/orang mudik, rombongan wisata dari luar Kab. Sumenep termasuk kendaraan plat luar wilayah Sumenep. “Selama pelaksanaan situasi dalam keadaan aman dan kondusif,” tandasnya.

Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti Sutioningtyas mengatakan, setiap kendaraan yang melewati titik penyekatan tersebut akan diberhentikan sementara untuk di razia kelengkapan identitas dan surat keterangan negatif Covid-19. Menurutnya, pos penyekatan di batas kota atau di perbatasan diterapkan untuk mencegah pemudik datang ke Kabupaten Sumenep atau warga yang akan mudik ke luar kota. “Kami perketat penjagaan,” tegasnya.  (imd/ito)

Komentar

News Feed