oleh

Gerakan 2 Ribu Masker Trunojoyo Mania Demi Sampang Tetap Hijau

Kabarmadura.id/Sampang-Mayoritas kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Timur (Jatim) menjadi zona merah. Sejauh ini, hanya Kabupaten Sampang yang menjadi satu-satunya daerah di Jatim yang belum memasuki zona merah atau  zona kuning.

Berdasarkan data Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim per-Sabtu (2/5/2020) pukul 16.31 WIB, Kabupaten Sampang hanya memiliki status 396 orang dalam pantauan (ODP).

Berbeda dengan kabupaten lain di Pulau Madura seperti Bangkalan (12 pasien terinfeksi Covid-19), Pamekasan (10 pasien terinfeksi covid-19), dan Sumenep (5 pasien terinfeksi Covid-19).

Melihat kondisi tersebut, komunitas suporter Persesa Sampang dan Madura United bernama Trunojoyo Mania (Truman) bekerja sama dengan Komunitas Sabloner Sampang melakukan gerakan 2 ribu masker, guna menjaga Kabupaten Sampang tetap bertahan di zona hijau.

Di samping itu, gerakan 2 ribu masker tersebut juga dilakukan guna mengingatkan dan memotivasi masyarakat Sampang agar menggunakan masker setiap keluar dari rumah.

“Ini langkah nyata kami untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 agar tidak merebak ke Sampang. Yakni, dengan membagikan masker kepada masyarakat. Semoga dengan aksi ini, masyarakat lebih tertib menggunakan masker guna menjaga Sampang tetap berada di zona hijau dalam wabah Covid-19,” ujar Ketua Truman Husaini kepada Kabar Madura, Minggu (3/4/2020) pagi.

2 ribu masker itu, kata pria yang familiar disapa Zein ini, 1 rbu masker berkat sumbangan suka rela dari anggotanya. Serta, 1ribu masker lainnya bersumber dari Komunitas Sabloner Yogyakarta.

“2 ribu masker yang kami bagikan, tidak semuanya dari kami. Itu memang 1 ribu masker, anak-anak urunan. 1 ribu masker lagi sumbangan dari Komunitas Sabloner Yogyakarta. Jadi, kami bersama-sama melakukan gerakan ini untuk mempertahankan agar tetap hijau,” terangnya.

Selain itu, Ketua Truman ini menjelaskan, pendistribusian masker tersebut melalui dua cara. Pertama, secara serentak bersama Komunitas Sabloner Sampang di Monumen Trunojoyo Sampang. Kedua, diserahkan kepada Korwil Truman agar dibagikan di daerahnya.

“Pendistribusian 2 ribu masker ini dilakukan melalui dua cara. Jumat kemarin itu (1/5/2020), kami bersama Sabloner Sampang di Monumen Trunojoyo. Sebagian juga didistribusikan melalui korwil-korwil kami agar penyebaran ini merata, tidak terpusat di kota,” tutup Zein. (idy/nam)

Komentar

News Feed