oleh

Gerakan Pemuda Karang Taruna Desa Nyalabu Daya

Wadahi Pemuda agar Terjauh dari Narkoba

KABARMADURA.ID, Pamekasan – Upaya membangun desa Nyalabu Daya tidak hanya dilakukan oleh perangkat desanya. Para pemuda di desa tersebut juga memiliki spirit untuk membangun desa melalui ketersediaan sumber daya manusianya.

ALI WAFA, PAMEKASAN

Sebagai desa yang tidak jauh dari wilayah kota, para pemuda Desa Nyalabu Daya didominasi oleh kaum terdidik dan lulusan dari berbagai perguruan tinggi dari berbagai daerah. Hal itu tidak disia-siakan oleh aparatur desa setempat.

Mewadahi para pemuda agar memiliki kompetensi dalam membangun desa merupakan pilihan paling tempat agar bisa semakin mendorong kemajuan desa yang jumlah penduduknya tidak sebanyak desa-desa terpencil.

Dengan dibentuknya Karang Taruna, pemuda Desa Nyalabu Daya terhimpun menjadi asset desa itu sendiri. Aparat desa setempat menyadari, bahwa kaum muda harus dirangkul karena mereka memiliki semangat dan pengetahuan yang dapat diandalkan.

Sehingga desa tersebut kerap diramaikan dengan sejumlah kegiatan anak muda yang edukatif sebagaimana kegiatan yang lumrah mereka lakukan semasa di perguruan tinggi dan di sejumlah organisasi yang mereka geluti sebelumnya.

Kegiatan peningkatan nilai akademik para pemuda di sana didukung oleh para sesepuh desa setempat agar tercipta generasi yang dapat melanjutkan keberlangsungan Desa Nyalabu Daya dengan nilai pengetahuan pemudanya yang tinggi.

Tidak lumrah ditemukan di desa lain bahwa pemuda desa Nyalabu Daya kerap menggelar kegiatan semacam seminar dan dan kajian-kajian menarik mengenai berbagai fenomena sosial dan berbagai disiplin keilmuan.

Kegiatan produktif tersebut didukung dengan disediakannya sejumlah fasilitas bagi para pemuda desa dengan disiapkan wadah berupa Karang Taruna dan sejumlah fasilitas fisik termasuk di antaranya jaringan internet gratis dib alai desa.

Dengan begitu diharapkan oleh warga setempat agar pemuda Desa Nyalabu Daya menghindari kebiasaan buruk yang kerap terjadi sebelumnya seperti penggunaan narkotika dan kegiatan kontra produktif lainnya.

Tidak hanya kegiatan peningkatan pengetahuan, kegiatan sosial juga kerap dilakukan. Bahkan pemuda di sana kompak saat dihimbau untuk melakukan gerakan sosial semacam bagi-bagi sambako dan masker pada warga yang membutuhkan uluran tangan.

“Pemuda ini asset masa depan, mumpung mereka masih fresh karena baru lulus, maka kami fasilitasi mereka untuk membangun desa,” ucap Ketua Karang Taruna Desa Nyalabu Daya Mohammad Hodli.

Komentar

News Feed