Gerindra Sampang Sasar Figur Tajir untuk Nyaleg, Tidak Prioritaskan Petahana


Gerindra Sampang Sasar Figur Tajir untuk Nyaleg, Tidak Prioritaskan Petahana
(KM/IST) Fauzan Adima: Sekretaris DPC Gerindra Sampang

KABARMADURA.ID | SAMPANG-Penjaringan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) di Sampang belum dimulai. Berbeda dengan partai lainnya, Gerindra tidak memprioritaskan petahana untuk kembali maju di pemilihan legislatif (pileg).

“Siapa pun kami terima dengan baik. Tidak ada perlakuan khusus di partai kami, baik pendatang baru maupun petahana. Kalau memang ada di luar petahana yang lebih tajir, kenapa tidak untuk merekrut,” ujar Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Sampang, Fauzan Adima.

Fauzan menegaskan, partainya memberi ruang seluas-luasnya bagi siapa pun yang berkeinginan maju di Pileg 2024 dari Gerindra. Namun, partainya telah memiliki gambaran terkait figur-figur potensial. Untuk melakukan penjaringan secara resmi, masih menunggu instruksi partai.

Rapat bersama pengurus inti di internal DPC Partai Gerindra telah dilakukan. Petunjuk teknis (juknis) dari dewan pimpinan pusat (DPP) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Jawa Timur diperlukan untuk melakukan penjaringan internal.

“Kalau gambaran kami sudah siap. Kami sudah melirik mana calon potensial yang ada di setiap dapil,” tandasnya.

Meski demikian, Fauzan menyebut, pihaknya tidak ingin terjebak di politik pragmatis. Sehingga, sasarannya tidak harus tokoh-tokoh berpengaruh, seperti ulama dan kepala desa. Peluang di Partai Gerindra akan dibuka lebar untuk siapa pun yang ingin nyaleg dari Partai Gerindra.

“Semua elemen kami terima, agar bagaimana partai kami ini besar. Karena pada dasarnya di sisi Tuhan tidak ada yang istimewa,” ujar wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang itu.

Sejauh ini, lanjut Fauzan, kekuatan Gerindra di Sampang tersebar di seluruh daerah pemilihan (dapil). Di Pemilu 2019 lalu, Gerindra memperoleh 5 kursi. Terbanyak ketiga di DPRD Sampang. Hanya saja, dari enam dapil yang ada, satu dapil tanpa keterwakilan Gerindra. Yakni dapil Sampang 1.

“Tahun 2009, Partai Gerindra pemenang nomor 2 di Sampang. Sekarang pemenang nomor 3,” tutupnya.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Wawan A. Husna