GP Ansor Pamekasan Buka Pendampingan Hukum Korban Hoaks Corona

  • Whatsapp
(KM/ ALI WAFA) GP Ansor Buka PH Korban Hoax Corona

Kabarmadura.id/Pamekasan–Maraknya pemberitaan tentang meningkatnya jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) pandemik corona virus disease (covid-19), berdampak pada terjadinya tindakan penyimpangan sosial berupa penyebaran berita bohong oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Akibat banyaknya pihak yang merasa dirugikan oleh berita bohong atau hoaks tersebut, termasuk diantaranya pihak yang diberitakan terjangkit covid-19, Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Pamekasan, akan membentuk posko pendampingan hukum bagi korban hoaks agar bisa melakukan pembelaan atas apa yang telah merugikan tersebut.

Atas dasar kepedulian itu, Ketua PC GP Ansor Pamekasan Syafiuddin mengatakan, pihaknya akan mengabdi kepada masyarakat atau korban yang terdampak biasan akibat berita bohong tersebut. Dirinya mengaku, dalam waktu dekat akan membentuk posko penanganan berita hoaks bagi korban hoaks.

“Kami peduli pada mereka yang terkena hoaks, ini sama halnya dengan menyebarkan fitnah, dimana orang yang tidak terjangkit covid-19 dikatakan terjangkit, jelas hal itu merugikan pihak yang bersangkutan dan perlu kami advokasi,” katanya, Senin (23/3/2020).

Lebih lanjut Syafiuddin mengatakan, pentingnya privasi setiap orang perlu untuk dijaga, banyak pihak yang tidak ingin privasinya diketahui oleh orang banyak. Apalagi hal itu merupakan berita bohong tentang covid-19.

Disampaikan Syafiuddin, privasi korban virus corona merupakan hal mutlak, seperti identitas diri dan identitas keluarga yang bersangkutan. Oleh karena itu, menyebarkan informasimasi itu, utamanya berita bohong atau hoaks, merupakan tindakan pidana.

“Kita harus menghargai privasi orang lain, karena hoaks ini banyak pihak yang dirugikan, privasi mereka jadi terungkap karena berita bohong ini, jelas mereka merasa risih, dan merasa dirugikan, tindakan tersebut adalah tindakan yang bisa dipidanakan,” pungkasnya. (km53/pin)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *