GP Ansor Pamekasan Getol Bangun Kemandirian Ekonomi Kader

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) GEMILANG: Demi kemandirian ekonomi, GP Ansor Pamekasan fasilitasi kadernya untuk berwirausaha melalui program Sahabat Super.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Dalam rangka mewujudkan kemandirian ekonomi Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pamekasan, dilakukan sosialisasi program Sahabat Super. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Rato Ebhu Mandhapa Agung Ronggosukowati Pamekasan, Minggu (24/10/2021).

Program yang merupakan turunan dari Program Pengurus Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Timur (Jatim) tersebut, merupakan wadah dari pengurus Ansor dalam membangun kemandirian ekonomi pengurus dan masyarakat. Dalam program itu pula, beberapa kader Ansor di setiap wilayah akan dibentuk dalam jaringan agen Sahabat Super.

Kegiatan yang ikuti  13 perwakilan pengurus anak cabang (PAC) Ansor se-Pamekasan itu, dibuka langsung oleh ketua PC GP Ansor Pamekasan Syafiuddin. Dalam kesempatan itu, GP Ansor Pamekasan juga mendatangkan Wakil Ketua Bidang Perekonomian, Koperasi dan Pengembangan UKM GP Ansor Jatim Musaffa’ Safril.

Menurut Ketua PC GP Ansor Pamekasan Syafiuddin, selain harus intens melakukan pengabdian ke organisasi, pengurus juga dituntut untuk lebih kreatif dalam menopang kesejahteraan hidupnya.

“Sedari awal saya sudah utarakan, kader Ansor di masa depan harus menjadi penentu nasib, bukan peminta nasib. Secara spesifik bagaimana membangun kemandirian kader,” papar pria dengan sapaan Syafi’ ini.

Menurut pemuda yang juga menjabat wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan itu, sudah mengkalkulasi berbagai peluang untuk kemandirian ekonomi pengurus GP Ansor Pamekasan.

Salah satu upaya membentuk kemandirian ekonomi kader adalah, menjadikannya sebagai agen Sahabat Super. Mereka bisa menjadi agen berbagai produk kebutuhan masyarakat dengan harga yang kompetitif dengan peluang penghasilan sebesar Rp5 juta setiap bulannya.

“Kami ini tidak melulu hanya membidangi tahlilan, sholawatan, tetapi bagaimana mengkapitalisasi ini semua menjadi suatu usaha kemandirian kader Ansor, jadi kekompakan solidaritas, soliditas kader, kader NU di akar rumput mempunyai kesadaran tinggi untuk berwirausaha,” tegasnya

Sedangkan tindak lanjut program itu secara teknis, ungkap Wakil Ketua Bidang Ekonomi PC GP Ansor Pamekasan Samsuki, sudah dibuat skemanya. Nantinya, di setiap kecamatan ada 10 pengurus yang terlibat aktif sebagai agen Sahabat Super. Artinya ada 130 orang pengurus yang bisa diserap.

Sahabat Super ini akan membuka mitra usaha dengan seluruh kader di tingkat PAC, bahkan sampai ranting. Hal itu diharapkan menjadi salah salah solusi dalam mengurangi angka pengangguran di Pamekasan.

“Kami menyediakan berbagai macam produk  yang di toko-toko, mulai dari beras, minyak, makanan dan lainnya. Harganya pun sangat kompetitif, jadi ini langsung dari pabrik melalui marketing Ansor,” ujar Samsuki.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Wawan A. Husna

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *