Gunakan Gambar Lukisan Tanpa Izin, Lomba Disdikbud Pamekasan Dikomplain!


Gunakan Gambar Lukisan Tanpa Izin, Lomba Disdikbud Pamekasan Dikomplain!
(DOK. KM.ID) Poster yang tersebar di media sosial.

KM.ID I PAMEKASAN -- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan memakai gambar lukisan Karapan Sapi karya BH Riyanto sebagai cover poster lomba melukis untuk siswa SMP pada November 2022 mendatang.

Namun, Disdikbud Pamekasan tidak berkoordinasi dengan sang palukis. Poster kegiatan yang menjadi rangkaian Hari Jadi (Harjad) Pamekasan ke-492 itu pun diprotes oleh BH Riyanto.

"Saya lihat di facebook-nya Pak Kadisdikbud, dan belum ada komunikasi atau koordinasi terkait lukisan saya itu," ungkapnya kepada KM.ID, Jumat (28/10/2022).

Menanggapi itu, Kadisdikbud Pamekasan, Akhmad Zaini, menyampaikan, bahwa panitia sudah meminta maaf ke pemilik lukisan karena telah menggunakan karyanya tanpa izin pelukis.

"Panitia mengambilnya di google, mungkin mereka mengira karena penggunaannya bukan tujuan komersil, apalagi gambarnya memang tersebar luas di internet, sehingga diambil dan dipakai," ungkapnya kepada KM.ID, Sabtu (29/10/2022).

Setelah mendapat komplain dari pelukis, tambah Zaini, panitia langsung mengganti cover poster lomba tersebut. Pemilik lukisan juga sudah memaafkan dan persoalan ini dianggap selesai.

"Soal izin tidaknya saya tidak tahu, namun saya kira panitia yang dibentuk sudah tahu terkait persoalan begini-begini, tapi ternyata malah dapat komplain setelah poster tersebar," terangnya.

Mantan Kabag Kesra Setkab Pamekasan itu berharap persoalan ini bisa menjadi pelajaran bagi panitia kegiatan di instansinya agar lebih berhati-hati memakai produk karya seseorang.

Reporter: M. Arif
Redaktur: Sule Sulaiman