Guru Penggerak Disiapkan Jadi Calon Pemimpin

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) MENUJU TAHAP SELANJUTNYA: 94 orang dinyatakan lolos seleksi guru penggerak tahap pertama.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Sebanyak 94 guru dari Pamekasan dinyatakan lolos seleksi tahap I sebagai guru penggerak. Informasi tersebut berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Menurut Kepala Disdikbud Pamekasan Akhmad Zaini, guru yang dinyatakan lolos sebagai guru penggerak itu berasal dari guru tingkat sekolah dasar (SD).

“Guru penggerak ini selain dididik sebagai guru profesional, menjadi guru yang dilatih sebagai calon pemimpin,” paparnya, Kamis (13/1/2021).

Tidak hanya itu, Zaini juga menjelaskan bahwa untuk mengikuti program Guru Penggerak, harus memenuhi beberapa kualifikasi. Di antaranya yaitu guru PNS maupun non PNS, memiliki akun guru di data pokok pendidikan (Dapodik), pendidikan terakhir minimal S1/D4, memiliki pengalaman mengajar selama lima tahun, dan sebagainya.

“Sebenarnya guru penggerak ini merupakan bagian dari program Merdeka Belajar, salah satu komponennya adalah guru penggerak,” ulas Zaini.

Secara teknis, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Dasar Fatimatuzzahra menyampaikan, ada 3 tahapan dalam rekrutmen guru penggerak. Di antaranya yaitu seleksi administrasi, seleksi simulasi mengajar, dan tes wawancara. Jumlah yang lolos seleksi tahap I sebanyak 94 orang, 73 merupakan guru penggerak dan 23 calon pengajar praktik (CPP).

 

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *