Habis Rp5 M, Puskemas Larangan Badung Belum Berfungsi

  • Whatsapp
BELUM BERFUNGSI: Gedung pembangunan puskesmas di Desa Larangan Badung Kecamatan Palemgaan tampak sepi.

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Bangunan puskesmas di Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan, sampai saat ini masih difungsikan. Padahal, pembangunannya sudah dirampungkan sejak tahun 2018 lalu dengan anggaran hingga Rp5 miliar.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan Farid berdalih, bangunan itu masih dalam pengembangan serta belum layak menjadi puskesmas. Sebab, alat kesehatannya belum lengkap. Sehingga pengoperasiannya menunggu assesment.

Selain itu, juga harus dipenuhi syarat Administrasi serta perizinannya, seperti izin mendirikan bangunan (IMB) dan lainnya.

“Tidak segampang bangunan langsung diisi, tetapi kan harus lengkap, misalnya menempatkan orangnya serta standar penempatanya,” katanya, Rabu (3/7).

Setelah semuanya lengkap, termasuk sumber daya manusia (SDM) dan pembagian wilayah sarana dan prasarananya, puskesmas dapat difungsikan. Diprediksi, tahun ini akan rampung.

Farid menambahkan, pelayanan di Puskesmas Larangan Badung itu merupakan bagian dari Puskesmas Palengaan, sehingga jika dioperasionalkan, akan mengatasnamakan Puskesmas Palengaan. Namun, bangunan fisiknya juga belum dianggap rampung. Ke depan, kata Farid, masih  butuh anggaran baru untuk pemavingan dan lain sebagainya.

“Sekarang masih diassesment semuanya, agar layak menjadi puskesma,” ujarnya. (km45/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *